Dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno, Inilah Malam Puncak dan Demoday Santri Digitalpreneur Indonesia 2024

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 15 Oktober 2024 - 09:29 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Malam Puncak dan Demoday Santri Digitalpreneur Indoensia 2024 merupakan program puncak dari rangkaian kegiatan Santri Digitalpreneur Indonesia 2024 yang merupakan salah satu program pengembangan ekonomi kreatif oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

Malam Puncak dan Demoday Santri Digitalpreneur Indonesia 2024, merupakan malam penganugerahan serta presentasi video dari 10 kelompok santri terbaik dari 10 kota yang telah divisitasi oleh Menparekraf dalam pelatihan Santri Digitalpreneur Indonesia 2024.

Acara ini mengangkat tema “Generasi Kreatif Berdaya Saing” yang diadakan untuk melatih kreatifitas para santri guna menghadapi dunia digital yang semakin berkembang.

 

Malam Puncak dan Demoday Santri Digitalpreneur Indonesia 2024, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mengusung tema, “Generasi Kreatif Berdaya Saing” itu digelar pada Senin, (14/10/2024, di Padepokan Pencak Silat, TMII, Cipayung, Jakarta Timur.

 

Santri Digitalpreneur Indonesia 2024 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk keempat kalinya.

 

Tujuan Santri Digitalpreneur Indonesia 2024 mencakup mencetak santri yang berkarakter kuat dan berintegritas dalam berkarya, memberdayakan santri unggulan agar kompetitif di industri kreatif dan digital, serta menjadikan santri modern yang tetap mengutamakan akhlakul karimah. Di masa depan, santri diharapkan dapat menjadi produsen informasi dan literasi, serta penggerak konten dan produk berkualitas yang bernilai Islami.

Tahun 2024, Santri Digitalpreneur Indonesia, mendatangi 10 kota, yaitu: Lombok Barat, Balikpapan, Sukabumi, Gorontalo, Gresik, Yogyakarta, Malang, Jakarta Timur, Tangerang dan Banyuwangi. Dengan masing-masing kota, terdapat 10 kelompok peserta yang kemudian terpilih 1 kelompok terbaik untuk mewakili kota tersebut ke Jakarta.

 

Dalam acara ini, 10 kelompok terbaik dari masing-masing kota, akan menayangkan video hasil karyanya juga mempresentasikan video serta hasil yang mereka produksi.

Adapun 10 Terbaik SDPI 2024, adalah:

1.      SDPI  Lombok     Barat/         Pondok      Pesantren Nurul Haramain/ Lombok/ Nusa

Tenggara Barat//

2.      SDPI Gorontalo/ Pondok Pesantren Al-Khairaat/ Kota Gorontalo/ Gorontalo//

3.      SDPI  Sukabumi/ Pesantren  Kaligrafi     Al-Quran    Lemka/      Sukabumi/          Jawa

Barat//

4.      SDPI Balikpapan/ Pondok Pesantren Darussa'adah/ Samarinda/ Kalimantan Timur//

5.      SDPI Gresik/ PPPSQ Asy-Syadzili 1/ Malang/ Jawa Timur//

6.      SDPI Yogyakarta/ Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan/ Purworejo/ Jawa Tengah//

7.      SDPI Malang/ Pondok Pesantren Salafiyah Shirotul Fuqoha’/ Kabupaten Malang/ Jawa Timur//

8.      SDPI Jakarta/ Pondok Pesantren Asshidiqiyah/ Jakarta Barat/ Jakarta//

9.      SDPI Tangerang/ Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an/ Kota Tangerang/ Banten/

10.    SDPI Banyuwangi/ Pondok Pesantren Manba’ul Ulum/ Banyuwangi/ Jawa

Timur//

Acara Malam Puncak dan Demoday Santri Digitalpreneur Indonesia 2024, akan memberikan penghargaan untuk Juara 1, 2 dan 3 dan 10 terbaik juga akan mendapatkan hadiah sehingga dapat mendukung potensi mereka di dunia digital.

Acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 akan dibuka langsung oleh  Sandiaga Salahudin Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dipandu oleh Sahil Mulachela dan Mumuk Gomez. Akan ada pula SDPI Talkshow yang akan dipandu oleh Chiki Fawzi dengan narasumber Menparekraf Sandiaga Uno dan Super Mentor Santri Digitalpreneur Indonesia 2024, Ajie Pangestu. Akan ada juga pemberian motivasi dan pembacaan doa dari Habib Husein Jafar Al Hadar, pembacaan ayat suci Al-Quran dari Kayla dan Zayyan Hafiz Indonesia dan juga penampilan dari Wafiq Azizah, Daeng Syawal dan Valdi Nyonk.