Salam Ganesha Academy Gandeng ITB Hadirkan Program Eksekutif AI Inovatif untuk Pemimpin Bisnis Indonesia

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Oktober 2024 - 10:11 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Salam Ganesha Academy bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Direktorat Pendidikan Non Reguler meluncurkan ITB Executive Education Program (ITB EEP) dengan topik AI for Business Leaders (AIBL), pada 14 September 2024. 

"Kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk menjawab keresahan masyarakat mengenai penggunaan AI dalam bisnis kontemporer, guna meningkatkan produktivitas perusahaan," kata Faisal Alviansyah selaku Head of Program ITB Executive Education Program di Jakarta, Sabtu (13/10/2024). 

Dengan pendekatan pembelajaran blended learning, ITB EEP memungkinkan para peserta untuk mengakses materi secara online dan berinteraksi secara langsung dalam sesi tatap muka di ITB Kampus Jakarta. Tujuannya adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang eksklusif dengan waktu yang efisien. 

Pembelajaran akan berlangsung dengan sesi online dan offline masing-masing selama 1 (satu) bulan. Program ini diharapkan dapat membantu eksekutif memahami peran kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan menerapkan Artificial Intelligence dalam proses bisnis guna meningkatkan performa bisnis.

ITB EEP bekerja sama dengan para ahli di bidang AI yang tergabung dalam Pusat AI ITB sebagai dosen dan instruktur, serta menghadirkan dosen tamu dari kalangan praktisi, yaitu Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.AI. 

Program "AI for Business Leaders" hadir untuk menjawab kebutuhan para eksekutif dalam memahami dan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) sebagai alat strategis untuk mendorong pertumbuhan bisnis dengan 5 topik inti sebagai berikut:

1. Digital Mindset, Data Driven Organizational Culture & Data Literacy

Topik ini membahas pentingnya membangun budaya organisasi yang didorong oleh data dan berorientasi digital. Peserta akan mempelajari dasar-dasar ekonomi digital, literasi data, serta bagaimana menciptakan dan mengembangkan budaya organisasi berbasis data yang kuat.

2. Introduction to AI & AI Technology

Memahami dasar-dasar kecerdasan buatan merupakan langkah awal yang krusial. Topik ini mencakup pengenalan AI, perkembangan teknologi AI di Indonesia, serta berbagai jenis teknologi AI dan penggunaannya dalam konteks bisnis. Selain itu, peserta juga akan belajar tentang pengembangan sistem AI yang efektif.

 3. AI System Development: Data Science Technology

Fokus pada pengembangan sistem AI melalui pendekatan data science. Modul ini menjelaskan situasi terkini proyek AI, metodologi pengembangan, dan pemahaman yang mendalam tentang identifikasi masalah bisnis dan analisis masalah analitik. Peserta akan dilatih untuk menyusun rencana proyek AI yang aplikatif dan relevan dengan kebutuhan bisnis mereka.

4. AI Ethics

Etika dalam penggunaan AI menjadi sangat penting untuk dipahami oleh setiap pemimpin bisnis. Modul ini membahas prinsip-prinsip etika AI, risiko yang terkait dengan sistem AI, keamanan, privasi data, serta praktik-praktik etis dalam penerapan AI di berbagai sektor industri.

5. Use Cases (Finance, HR, Marketing, Operation)

Melalui studi kasus nyata, peserta akan mengeksplorasi bagaimana AI telah digunakan dalam berbagai bidang. Topik ini mencakup pelajaran dari implementasi AI di berbagai industri, serta best practices untuk memaksimalkan dampak AI dalam bisnis.

Program ini dirancang untuk membantu para pemimpin bisnis memanfaatkan potensi penuh dari AI dengan pendekatan yang strategis dan beretika, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan masa depan dengan lebih percaya diri dan inovatif. 

"Saat ini AI telah terbukti mentransformasi proses bisnis di berbagai industri. Di ITB Executive Education, kami merancang program AI for Business Leaders untuk membantu eksekutif memahami dan menggunakan AI secara strategis, melalui studi kasus dan penerapan langsung, peserta diharapkan akan siap membawa inovasi ke perusahaan mereka dan menciptakan." ungkap Faisal.