Forum Pemred SMSI Dukung Upaya Pemerintahan Prabowo Subianto Atasi Kebocoran Pajak Rp 300 Triliun

Oleh : Candra Mata | Minggu, 13 Oktober 2024 - 16:34 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Umum Forum Pemred Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Dar Edi Yoga, menyatakan dukungannya terhadap langkah-langkah tegas yang akan diambil oleh pemerintahan baru Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam menangani kebocoran pajak sebesar Rp 300 triliun. Kebocoran tersebut diduga terjadi di sektor perkebunan kelapa sawit, sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo.

Edi Yoga menyambut baik komitmen Prabowo untuk mengejar pelaku-pelaku pengemplangan pajak yang merugikan negara dalam jumlah fantastis tersebut. Ia menilai langkah ini sangat penting untuk memulihkan potensi penerimaan negara yang hilang serta memperkuat kepercayaan publik terhadap sistem hukum dan perpajakan Indonesia.

"Saya mendukung penuh upaya pemerintahan Pak Prabowo dalam memberantas kebocoran pajak ini. Jika benar ada 300 pengusaha yang terlibat dalam kasus ini, maka tindakan tegas sangat diperlukan. Kebocoran ini bukan hanya merugikan negara, tetapi juga menghambat pembangunan yang lebih baik untuk masyarakat," ungkap Yoga dalam keterangannya, Minggu (13/10).

Ia juga memuji langkah Kejaksaan Agung yang berkomitmen mendukung pemerintah melalui penegakan hukum terkait kasus penguasaan lahan hutan secara ilegal untuk perkebunan sawit, yang menjadi salah satu penyebab kebocoran pajak. Menurut Dar Edi Yoga, sinergi antara pemerintah dan penegak hukum dalam menangani kasus-kasus besar seperti ini sangat penting untuk memastikan adanya efek jera bagi para pelaku.

"Kolaborasi antara pemerintah, lembaga pengawas, dan penegak hukum adalah kunci untuk menutup celah yang selama ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum pengusaha nakal. Hal ini juga akan memberikan pesan yang kuat bahwa pemerintahan baru ini serius dalam menjaga integritas keuangan negara," tambahnya.

Edi Yoga berharap agar upaya ini dapat segera menunjukkan hasil, sehingga Indonesia dapat memaksimalkan potensi penerimaannya dari sektor-sektor strategis, termasuk sawit. Langkah ini diyakininya akan berdampak positif terhadap perekonomian negara dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Dengan demikian, Forum Pemred SMSI siap mengawal serta menyuarakan perkembangan upaya pemerintah dalam memberantas kebocoran pajak ini melalui pemberitaan yang berimbang dan bertanggung jawab.