Dalam Waktu Setahun, HKA Tingkatkan 189 Kilometer Ruas Jalan Tol Terpeka

Oleh : Candra Mata | Jumat, 11 Oktober 2024 - 11:46 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Hakaaston (HKA), sebagai Operator Jalan Tol Ruas Terbanggi Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung (Terpeka) telah melakukan perbaikan pada 189 KM ruas milik PT. Hutama Karya (Persero) tersebut. Perbaikan dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun sejak akhir bulan Juli 2023 hingga bulan Agustus tahun 2024 ini.

Direktur Operasi HKA Martin Nababan mengatakan bahwa perbaikan difokuskan pada optimalisasi pemeliharaan non rutin yakni perbaikan besar kualitas jalan bebas hambatan, baik pada perkerasan aspal hotmix (flexible pavement) maupun perkerasan beton (rigid pavement) yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan di jalan tol.

“Kami melakukan perbaikan pada 2.600 titik yang tersebar di tol Terpeka mulai dari KM 0 hingga KM 189. Adapun untuk memastikan kualitas jalan yang nyaman, perbaikan perkerasan jalan hotmix yang dilakukan berfokus pada perbaikan lubang (pothole), keretakan jalan (cracking) dan perbaikan kerusakan yang membentuk jalur roda pada jalan (rutting),” ujar Martin.

Sementara untuk perkerasan rigid atau beton, HKA telah melakukan perbaikan cracking, pumping atau air tanah dibawah beton yang keluar melalui sambungan dan settlement atau penurunan permukaan jalan.

“Pada perbaikan perkerasan rigid, HKA menambahkan bahan material lain yang dapat meningkatkan kekuatan jalan sehingga lebih aman dan nyaman untuk dilintasi oleh kendaraan bertonase besar. Kami juga memasang besi tulangan beton atau wiremesh pada pekerjaan rekonstruksi perkerasan rigid,” imbuh Martin.

Untuk mensukseskan perbaikan hotmix dan rigid dan dalam upaya meningkatkan kualitas jalan tol Terpeka, HKA telah memproduksi volume hotmix Pen 60/70 sebesar 16.009 ton dan 498 slab segmen perkerasan rigid. Pada penyelesaian bulan Agustus lalu progress perbaikan telah mencapai 100 %.

Selain perbaikan pada ruas utama jalan tol, HKA juga telah melakukan beautifikasi atau mempercantik aset tol sebagai program peningkatan kualitas jalan tol, seperti pembatas jalan (barrier), overpass dan marka jalan. 

Saat ini kondisi ruas tol Terpeka telah siap menyambut pengguna jalan dengan kondisi jalan yang nyaman dan aman untuk dilintasi.

“HKA telah melakukan yang terbaik dalam waktu satu tahun ini, kami terus berupaya meningkatkan kualitas dari segi pelayanan dan infrastruktur. Kami juga akan memberikan response time yang cepat apabila pengguna jalan menemukan kekurangan dan kerusakan lainnya pada ruas tersebut,” tutup Martin Nababan, Direktur Operasi HKA.