Meriahkan TEI 2024, Produsen Aksesoris Garmen Ini Siap Perluas Pasar Global

Oleh : Ridwan | Kamis, 10 Oktober 2024 - 20:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu 9 Oktober 2024, kemarin.

Pameran ekspor terbesar di Indonesia ini diikuti kurang lebih 1.460 peserta. Trade Expo Indonesia ke-39 ini digelar hingga tanggal 12 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya beradaptasi dengan era digital dalam memasarkan produk-produk Indonesia, seiring dengan kondisi ekonomi global yang masih belum stabil.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa saat ini ekonomi global tumbuh lambat, hanya sekitar 2,6 persen hingga 2,7 persen. Di sisi lain, inflasi global yang diperkirakan berada di angka 5,9 persen masih menjadi tantangan bagi banyak negara.

"Perkiraan inflasi global di kisaran 5,9 persen, ditambah perang konvensional dan perang dagang masih terus berlangsung yang membuat negara-negara melakukan kebijakan restriksi perdagangan," ujar Jokowi.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan bahwa saat ini muncul kekhawatiran terkait overproduksi di China. Produk impor dari China dengan harga yang murah menjadi tantangan bagi negara-negara yang ingin melindungi pasar domestiknya, termasuk Indonesia.

Menyikapi fenomena di atas, salah satu peserta pameran Trade Expo Indonesia 2024, CV Vies Indo Abadi sebuah perusahaan yang fokus pada produksi aksesoris garmen yang sudah berdiri sejak 1994 ini bertekad ingin mengembangkan produknya hingga ke luar negeri. 

Edbend, Manager CV Vies Indo Abadi mengatakan bahwa perusahaannya sudah berdiri selama 25 tahun sejak 1994 dan fokus pada produksi kreasi lokal dengan kualitas export dan harga yang bersaing. 

"Produk-produk kami sangat mudah diaplikasikan bagi para penjahit dan pengrajin. Apalagi memiliki warna dan model lengkap serta bisa custom bentuk juga warna yang fleksibel sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan customer," katanya saat ditemui di Booth Vie's Collection miliknya di ICE BSD. 

Edbend mengakui jika kegiatan Trade Expo Indonesia 2024 ini sangat bagus dan akan membuka banyak kesempatan bagi produk Indonesia agar mampu bersaing di pasar global. 

Lanjutnya, sebagai exhibitor tentu ia mengharapkan event ini bisa menarik banyak pembeli baik lokal maupun pasar global sehingga ke depannya sebagai produk asli indonesia bisa membawa nama baik produk indonesia di kalangan pasar global dan skala international. 

Saat ini Vie's Collection sendiri sebenarnya sudah masuk ke pasar luar negeri ke sejumlah beberapa negara semisal Singapore dan malaysia. Maka melalui ajang ini Edbend berharap dengan TEI bisa membantu promosikan kreasi produknya.

"Kami ada harapan untuk bisa masuk ke lebih banyak ke pasar global lainnya," harapnya. 

Sejumlah produk unggulan dari Vie's Collection antara lain: Aksesoris garmen, produk utama bunga kain, renda, pita,bross korsase. 

Ditujukan untuk berbagai barang fashion seperti fashion muslim, sepatu anak dan dewasa, topi, tas dan souvenir hiasan sehingga cocok untuk penjahit, pengrajin, dan pembuat hampers di semua kalangan. 

Harapan lain, Edbend kemukakan bahwa pihaknya bisa menjalin hubungan kerja sama bisnis yang baik dengan customer-customer baru international sehingga produk indonesia bisa berlayar ke berbagai negara dan tentunya membawa nama baik produk buatan Indonesia. 

"Itu juga yang menjadi target kami di keikutsertaan pertama kali Trade Expo Indonesia 2024 ini di mana untuk kedepannya produk kami sebagai produk Indonesia bisa lebih di kenal tak hanya di kalangan lokal tapi juga di kalangan international," pungkasnya.