Kepala Badan BUMN Diharap Bukan Orang Lama?

Oleh : Wiyanto | Kamis, 10 Oktober 2024 - 15:13 WIB

INDUSTRY.co.id-Mencari sosok pemimpin Kepala Badan BUMN, integritas dan mampu mentrasfromasi BUMN yang lebih baik, seperti apa?

Nah, sebentar lagi Prabowo-Gibran akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Salah satu Kementerian, Kabarnya Nomenklatur Kementerian BUMN akan menjadi Badan BUMN.

Pengamat Ekonomi Yanuar Rizki menjelaskan Kepala Badan BUMN perlu sumber daya manusia yang handal.

"Cari Kepala Badan butuh kompeten,pintar dan integritas, komit, atas beres, ke bawah beres," kata dia pada diskusi media Mencari Figur Ideal Kepala Badan BUMN di Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Menurut dia, Sosok Kepala Badan BUMN tidak punya konflik kepentingan.

"Maka Corporate restructuring tidak cocok, namun public policy yang mungkin bisa. Saya gak tahu mana yang dipakai," jelasnya.

Direktur Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi seirama dengan pendapat Kepala Badan harus bebas kepentingan konflik kepentingan.

"Kepala Badan Harus Jelas, begitu ditempatkan dinsana harus melepas konflik kepentingan," ucapnya.

Willy Kurniawan, dari Sinergi Kawal BUMN menilai memang ada nama yang sekilas muncul yang akan digadang-gadang menjadi Kepala Badan.

"Di media muncul nama Muliaman D Hadad, mantan Ketua OJK, punya rekam jejak. Mampu lakukan transformasi. Tapi saya gak tahu siapa yang akan jadi.

"Kedepan BUMN harus untung yang bukan PSO," jelas dia.

Dia menyebut sosok Yanuar Rizki termasuk cocok sebagai Kepala Badan BUMN.