Dapatkan Keamanan Mobil Berlapis dengan Perluasan Manfaat

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 09 Oktober 2024 - 16:40 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Menjaga  keamanan dan nilai mobil merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Salah satu cara untuk melakukannya dengan memiliki perluasan manfaat asuransi mobil.

Perluasan manfaat asuransi atau rider dalam asuransi mobil adalah jenis asuransi mobil yang memberi jaminan perluasan untuk melengkapi manfaat dari asuransi dasar. Karena itu, rider tidak bisa dibeli tanpa lebih dulu membeli asuransi dasar.

Marketplace asuransi terpercaya di Indonesia yang pelaksanaannya diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lifepal.co.id mengungkapkan apa itu perluasan manfaat asuransi mobil dan jenis-jenisnya yang perlu dipertimbangkan.

Apa Itu Perluasan Manfaat (Rider) Asuransi Mobil?

Rider adalah tambahan perlindungan yang dapat dipilih saat membeli polis asuransi mobil. Rider bertujuan untuk memberikan cakupan lebih luas di luar perlindungan dasar yang biasanya ditawarkan.

Pengertian rider dalam konteks asuransi mobil mencakup berbagai opsi yang memungkinkan bagi pemegang polis untuk mendapat perlindungan lebih. Dengan menggunakan rider, maka nasabah dapat menyesuaikan asuransi mobil sesuai kebutuhan dan risiko yang dihadapi.

Misalnya, jika tinggal di daerah rawan bencana atau kejahatan, ada rider yang bisa melindungi mobil dari risiko tersebut. Dengan menambahkan rider, maka tidak hanya menjaga mobil dari kerusakan fisik, tetapi juga dari berbagai risiko lainnya yang mungkin tidak tercakup dalam polis standar.

Memiliki asuransi mobil dengan perluasan manfaat memberi ketenangan pikiran.  Dengan perlindungan ekstra, maka pemilik kendaraan bisa lebih fokus pada hal-hal positif dan menikmati perjalanan tanpa beban pikiran.

Jenis-Jenis Rider Asuransi Mobil

Saat memilih rider asuransi mobil, penting untuk memahami jenis-jenisnya. Berikut ini beberapa jenis rider yang sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi:

Perlindungan terhadap bencana alam

Dengan rider ini, mobil akan terlindungi dari kerusakan akibat bencana alam seperti banjir, badai, hujan es, tanah longsor, angin topan, letusan gunung berapi hingga gempa bumi dan tsunami.

Di daerah rentan bencana, memiliki perlindungan ini sangatlah krusial. Sebab, tentu tidak ingin kehilangan kendaraan kesayangan hanya karena faktor alam yang tidak bisa diprediksi.

Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga

Jenis perluasan asuransi mobil ini akan menanggung risiko-risiko kerugian yang diakibatkan tuntutan hukum jika mengalami kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Jika dianggap bersalah, biaya hukum dan ganti rugi bisa menjadi sangat besar.

Dengan tambahan perlindungan ini, maka tidak perlu khawatir tentang risiko finansial yang mungkin timbul akibat kecelakaan tersebut.

Huru-hara dan kerusuhan (SRCC)

Perluasan manfaat asuransi mobil ini akan menjamin kerugian yang disebabkan oleh:

•       Kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, perbuatan jahat, tawuran.

•       Huru-hara.

•       Pembangkitan rakyat tanpa memakai senjata api.

•       Revolusi tanpa senjata api.

•       Penjarahan selama kerusuhan atau huru-hara.

•       Terorisme dan sabotase.

•       Manfaat perluasan menyangkut proteksi terhadap makar, terorisme, dan sabotase.

Kerusakan akibat kecelakaan diri

Rider ini memberikan perlindungan jika seseorang mengalami kecelakaan saat mengemudikan mobil. Manfaatnya mencakup biaya pengobatan dan perlindungan tambahan untuk pengemudi.

Dalam situasi darurat, memiliki perlindungan ini bisa sangat membantu, terutama jika tidak memiliki asuransi kesehatan yang memadai.

Setiap jenis rider memiliki keunggulan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Memilih jenis rider asuransi mobil yang tepat bisa membantu mendapatkan perlindungan maksimal untuk kendaraan. Karena itu, pastikan pelajari lebih lanjut dan bandingkan berbagai pilihan yang tersedia.

Lifepal

Lifepal adalah marketplace asuransi terbesar di Indonesia dengan seribu pengunjung bulanan dan total 500 ribu dan 490 ribu pengikut media sosial. Bekerjasama dengan puluhan asuransi ternama di Indonesia, Lifepal menawarkan pilihan polis asuransi terlengkap di Indonesia, harga terbaik, kenyamanan membeli dan menggunakan polis, serta transparansi informasi. (Tips Lifepal).