Kemenperin: Animo Generasi Muda Untuk Terjun Ke Dunia Industri Cukup Tinggi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 08 Oktober 2024 - 11:04 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Masrokhan menyampaikan, animo generasi muda untuk terjun ke dunia industri cukup tinggi. Pada penerimaan siswa dan mahasiswa baru unit pendidikan Kemenperin tahun 2024, sebanyak 83.738 orang mendaftar ke 13 Politeknik dan Akademi Komunitas Kemenperin serta sembilan SMK Kemenperin. 

“Dengan kuota yang tersedia sebanyak 6.850 orang, artinya rasio penerimaan pada tahun ini telah mencapai 1:12,2, naik signifikan dari tahun sebelumnya dengan rasio 1:6,” kata Masrokhan di sela-sela pembukaan Industrial Education and Training Expo (IDUTEX) 2024 di Jakarta, Senin (7/10/2024).

Untuk peningkatan kapasitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, Kemenperin telah meresmikan gedung baru dan fasilitas SMK-SMAK Bogor dengan kapasitas 1.600 siswa. Selanjutnya, Kemenperin akan meresmikan gedung pendidikan Politeknik Industri Logam Morowali dan Politeknik Industri Petrokimia Banten. 

Pada tahun 2025, Kemenperin juga akan membangun gedung pendidikan baru SMK-SMTI Padang dan SMK-SMAK Makassar. Kemenperin juga akan menambah satu unit Balai Diklat Industri (BDI) di Batam untuk bidang industri Logam, Mesin, Aeronautika, Elektronika dan Perkapalan. 

Masrokhan juga mengungkapkan bahwa siswa dan mahasiswa unit pendidikan Kemenperin telah membuktikan kualitasnya dengan menorehkan berbagai prestasi nasional maupun internasional.

“Salah satunya SMK-SMTI Pontianak yang mewakili Indonesia pada World Skill Competition (WSC) 2024 untuk bidang industri 4.0 di Lyon, Perancis,” kata Masrokhan.

Sementara itu, Politeknik ATI Padang telah menyabet juara 1 Business Pitching Competition 2024 yang diselenggarakan Management and Science University Malaysia, dan Politeknik ATI Makassar menjadi juara 1 kategori Line Follower pada World Robotic Center Competition (WRCC) di Malaysia.

Masrokhan mengungkapkan, pelaksanaan IDUTEX 2024 bertujuan untuk memberikan edukasi program pengembangan SDM industri oleh Kemenperin, serta memberikan apresiasi bagi mitra industri yang mendukung program-program tersebut.

“Terdapat pameran pendidikan dan produk, pemberian penghargaan, seminar dan talk show, coaching clinic, dan job fair. Pameran menampilkan simulasi teknologi digital terkini yang diaplikasikan dalam pendidikan dan pelatihan vokasi seperti penggunaan Virtual Reality, Augmented Reality, Robotik, RFID, dan Artificial Intelligence,” lanjut Masrokhan.

IDUTEX 2024 dilaksanakan di Plasa Industri dan Ruang Rajawali, Gedung Kementerian Perindustrian mulai tanggal 7-9 Oktober 2024 yang terbuka untuk umum.