Peringatan Satu Tahun Genosida Israel di Palestina, Viral Gerakan Lanjutkan Boikot

Oleh : Kormen Barus | Senin, 07 Oktober 2024 - 19:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Netizen menyambut antusias ajakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan organisasi-organisasi Islam yang kembali meminta masyarakat untuk tetap mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina, termasuk melanjutkan boikot produk-produk yang terafiliasi Zionis Israel.

Dukungan Netizen pun trending sepanjang siang hingga petang di media sosial X, Senin (7/10) pukul 12.00—15.00 WIB. Terpantau seruan tersebut sempat menduduki peringkat 2 trending di Indonesia.

“Hari ini tepat satu tahun agresi Israel di Gaza bergulir. Setidaknya 40 ribu orang Palestina meninggal dan jutaan hidup dalam pengungsian. Memboikot produk2 terafiliasi Israel sama sekali tidak akan mengurangi kenyamanan hidup kita kok…,” tulis akun @fotodakwah, dalam rangkaian cuitannya.

Masih di platform X, akun @Edwinrisjad bersuara lantang: “Udah setahun sejak Israel mulai invasi palestina. kita mungkin gak bisa banyak ngelakuin sesuatu, tapi setidaknya kita bisa terus Lanjutkan Boikot karena ini cara kecil kita buat dukung Palestina biar tetap kuat.”

Kegairahan Netizen ini agaknya selaras dengan momentum seruan tokoh-tokoh organisasi Islam besar di Indonesia yang bergabung dalam massa dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) menggelar peringatan bertema 'Perjuangan Bersama Memperingati 1 Tahun Genosida di Gaza dan 76 Tahun Perlawanan Palestina' di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Jalan Medan Merdeka Selatan, pada Minggu, 6 Oktober 2024.

Perhelatan besar ini dihadiri tokoh-tokoh Muslim sekaliber Wakil Ketua MPR RI 2019-2024, Dr. Hidayat Nur Wahid, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Prof. Sudarnoto Abdul Hakim, dan banyak lagi.

Para tokoh Muslim tersebut sepakat menekankan pentingnya solidaritas bangsa Indonesia dalam mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina dari rezim penjajah Zionis Israel yang sangat brutal. Boikot produk-produk terafiliasi Israel dinyatakan sebagai salah satu bentuk dukungan konkret untuk membantu perjuangan Palestina.

“Fatwa MUI terkait produk Israel dan produk yang terafiliasi dengan Israel  tidak pernah dicabut. Karena itu saya menyerukan agar boikot terhadap produk Israel harus dilanjutkan,” kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Prof. Sudarnoto Abdul Hakim, di depan massa. 

Sudarnoto mengatakan, MUI terus melakukan konsolidasi dengan menggalang kekuatan ormas Islam dan juga sejumlah besar filantropi Islam. Semua itu dilakukan untuk memberikan dukungan terkait soal boikot dan dukungan kepada kemerdekaan Palestina.

Sebelumnya, MUI juga tegas meminta masyarakat untuk tetap konsisten agar selalu memboikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel, sebagai bentuk dukungan perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina.

"Jangan pernah berhenti dalam gerakan boikot. Sebab, genosida di sana juga tidak berhenti. Makanya, tugas kita terus mendengungkan gerakan boikot produk Israel dan semua yang terafiliasi," kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI, Cholil Nafis, di Jakarta (30/9).

Seruan tersebut merupakan bagian dari refleksi MUI atas genosida Israel atas Gaza di Palestina yang genap satu tahun pada 7 Oktober 2024. Cholil berharap agar masyarakat Indonesia terus menjalin kekompakan dan memberikan dukungan kepada Palestina.