Bangga Berbatik, Menperin Agus: Maju Terus Industri Batik Indonesia, Salam Canting...

Oleh : Candra Mata | Minggu, 06 Oktober 2024 - 19:21 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional (HBN), Kementerian Perindustrian RI berkolaborasi dengan Yayasan Batik Indonesia menyelenggarakan Acara Hari Batik Nasional 2024 yang mengusung tema #Banggaberbatik.

Pelaksanaan HBN nya sendiri di gelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, dari 2 sampai 6 Oktober 2024.

Acara perayaan HBN tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

"saya berada di Mall Kota Kasablanka Jakarta, untuk membuka secara resmi Acara Perayaan #HariBatikNasional 2024, yang diselenggarakan oleh @kemenperin_ri berkolaborasi dengan Yayasan Batik Indonesia @ybi.official," tulis Menperin Agus yang dikutip redaksi dari unggahan di Instagram miliknya @agusgumiwangk, Minggu (6/10/2024).

Dalam unggahan tersebut, Menperin Agus tampak mengenakan baju batik bermotif 'Gedog Tuban'. 

"Bersama istri dan keluarga, saya menggunakan busana batik bermotif "Gedog Tuban" yang unik, dan menikmati pagelaran fashion show batik para desainer muda, live music, dan mengeksplorasi berbagai busana batik dari berbagai daerah yang dipamerkan pada acara yang kali ini mengusung tema #BanggaBerbatik," tulisnya.

Selain itu, Menperin Agus juga menjelaskan bahwa batik merupakan anugerah yang tidak ternilai untuk Indonesia. 

Menurutnya, batik telah menjadi identitas bangsa yang luhur. Dan batik sendiri memiliki pesona yang sangat beragam, dengan warna dan motif yang luar biasa banyaknya serta mencerminkan warisan budaya bangsa yang kaya akan simbol kreativitas yang tak ternilai.

"Batik tidak hanya sekedar kain, tetapi adalah living art. Dengan menggunakan batik setiap hari, artinya kita menunjukkan keindahan budaya bangsa dimana pun kita berada," sebut Menperin Agus.

"Ayo bangga berbatik, dan jangan lupa kunjungi Pameran Hari Batik Nasional di mall @kotakasablanka bersama keluarga ya! Acaranya hanya sampai 6 Oktober 2024. Maju terus Industri Batik Indonesia! Salam canting," tandasnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, unggahan Agus Gumiwang Kartasasmita tersebut mendapatkan beragam apresiasi dari masyarakat (netizen).

"Sukses selalu ya Pak Menteri... Salam hormat untuk keluarga semua," ujar akun netizen.

"Keren Pak Menteri dan mbak Lumongga" tulis netizen.

"Selamat Hari Batik Pak Menteri, Keren baju Batiknya," timpal akun netizen lainnya.