Dompet Dhuafa Jateng Perkuat Program Pemberdayaan dengan FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Oleh : Candra Mata | Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:01 WIB

INDUSTRY.co.id - Purwokerto, Jawa Tengah — Dompet Dhuafa Jawa Tengah resmi menjalin kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk memperluas manfaat dana zakat melalui program beasiswa Entrepreneur berbasis Kantin Kontainer.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) berlangsung pada Selasa, 1 Oktober 2024, di ruang pertemuan FEBI, dihadiri oleh pimpinan kedua belah pihak dan perwakilan terkait.

 

Zaini Tafrikhan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng, menjelaskan, “Kerjasama ini adalah tindak lanjut dalam pengelolaan Zakat Produktif dan pemberdayaan mahasiswa, terutama mahasiswa yang merupakan bagian dari 8 golongan asnaf yang berhak menerima Zakat. Kami berkomitmen mendorong mahasiswa untuk mandiri secara finansial.”

 

Program Beasiswa Entrepreneur ini telah dimulai sejak 2016, memberikan paket pemberdayaan ekonomi berupa kantin kontainer yang akan dikelola oleh 6-8 mahasiswa. Dompet Dhuafa akan menyediakan sarana dan prasarana dan pelatihan bagi pengelola kantin untuk meningkatkan keterampilan wirausaha sekala kantin.

 

Dr. Jamal Abdul Aziz, Dekan FEBI UIN Saizu, menyambut baik kerjasama ini. “Ini sejalan dengan upaya fakultas dalam mengembangkan filantropi Islam dan mendukung kesejahteraan mahasiswa kurang mampu. Kami berharap program ini dapat membantu mahasiswa menjadi lebih mandiri secara ekonomi.”

 

Setelah penandatanganan MoU, pembangunan Kantin Kontainer akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, dan diharapkan dapat beroperasi pada akhir 2024, memberikan manfaat bagi mahasiswa dan penerima manfaat lainnya.

 

Perlu diketahui, Dompet Dhuafa Jateng telah memiliki portofolio program kantin kontainer di 4 Kampus; UIN Salatiga, UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Mas Said Surakarta dan IAIN Kudus. UIN Saizu Purwokerto menjadi titik kelima untuk program pemberdayaan ekonomi di Jawa Tengah.