Unik! Ketua Gerindra DIY Terpilih Jadi Wakil Rakyat dari Jawa Tengah

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:30 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (1/10/2024) di ruang sidang paripurna, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Acara pelantikan ini dihadiri Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Di antara ratusan anggota baru DPR-RI yang dilantik, ada satu sosok yang menarik perhatian yakni Danang Wicaksana Sulistya, atau yang akrab disapa DWS. Pelantikan DWS terbilang unik dan cukup menarik perhatian publik.

Momen pelantikan DWS sebagai anggota DPR-RI dinilai unik lantaran posisinya sebagai Ketua DPD Gerindra DIY, namun dirinya terpilih mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) III Jawa Tengah, meliputi Kabupaten Blora, Grobogan, Pati, dan Rembang.

Keberhasilan DWS meraih kursi DPR-RI dari dapil luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi dinamika politik yang menarik. Sebab, DWS mampu menarik dukungan dari pemilih di Jawa Tengah, meski menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra DIY.

Hal ini menunjukkan kemampuannya dalam membangun koneksi atau jaringan yang luas dan menjawab aspirasi warga.

Dalam pernyataannya, DWS menyampaikan rasa terima kasih kepada konstituen di Dapil III Jateng atas kepercayaan yang diberikan.

Ia juga menyatakan kesiapannya untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di Dapil III Jateng yang diwakilinya.

"Meskipun saya juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra DIY, saya berkomitmen penuh untuk mewakili masyarakat Blora, Grobogan, Pati, dan Rembang di DPR-RI. Tanggung jawab ini akan saya emban dengan sebaik-baiknya," ungkap DWS, Rabu (2/10/2024).

Sebagai anggota DPR-RI, DWS akan menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, dan budgeting bersama ratusan legislator lainnya.

"Saya siap mengawal program-program yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama di bidang pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesejahteraan sosial," tambahnya.