Kemenperin: Program Pinoti Bantu Industri Tingkatkan Efisiensi, Produktivitas, dan Daya Saing

Oleh : Hariyanto | Rabu, 02 Oktober 2024 - 10:01 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada gelaran acara Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi, Penghargaan Rintisan Teknologi Industri, dan Penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024, di Jakarta, Selasa (1/10/2024), Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Andi Rizaldi melaporkan keberhasilan program (Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi (Pinoti). 

Program yang dimulai sejak 2022 ini bertujuan untuk membantu industri dalam menghadapi tantangan teknologi dengan bimbingan tenaga ahli. “Pinoti membantu industri meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saingnya melalui penerapan teknologi industri,” ujar Andi. 

Salah satu pencapaian dari program PINOTI adalah penandatanganan kesepakatan kerja sama antara perusahaan binaan dengan investor, dengan total nilai kontrak mencapai Rp 3 miliar. Kerja sama ini melibatkan empat perusahaan, yaitu PT Bumi Mentari ART, CV Karya Wahana Sentosa, CV Forrest Coffee, dan CV Bachis Indonesia.

“Kemenperin akan terus mendukung sektor industri nasional dan optimistis dengan kerjasama yang kuat, Indonesia dapat mencapai target industri dan perekonomian nasional dengan lebih cepat,” tutur Andi.

Dalam rangka memperingati enam tahun program Making Indonesia 4.0 dan juga Hari Batik Nasional (HBN) yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2024, pada kesempatan ini, Kemenperin resmi meluncurkan Batik Motif Indonesia 4.0. Desain batik ini merupakan hasil kerja sama antara Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik (BBSPJIKB) Yogyakarta dengan IKM Guru Batik Indonesia.