GIIAS Semarang 2024 Tampilkan Inovasi Kendaraan Terbaru

Oleh : Candra Mata | Selasa, 01 Oktober 2024 - 19:21 WIB

INDUSTRY.co.id - Semarang, Seri rangkaian pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang telah sukses diselenggarakan di tiga kota sebelumnya memasuki penyelenggaraan terakhirnya di kota Semarang. Berlangsung pada 23 hingga 27 Oktober 2024, GIIAS Semarang hadir lebih istimewa dengan menempati lokasi pameran terbaru di Muladi Dome Universitas Diponegoro, Semarang.

Pemilihan Semarang sebagai lokasi penutup rangkaian penyelenggaraan GIIAS The Series tahun ini, didorong oleh daya tarik kota ini dalam pasar otomotif nasional. Berdasarkan data sebaran kendaraan bermotor GAIKINDO, Jawa Tengah tercatat menduduki posisi kelima dalam pencapaian sebaran otomotif nasional pada periode Januari-April 2024, dengan kontribusi hampir 6,6% dari total capaian di Indonesia.

Dalam upaya terus mendukung kemajuan industri otomotif nasional, GAIKINDO berupaya untuk menyediakan wadah yang efektif guna memperkuat serta mendorong perkembangan industri otomotif di setiap daerah penyelenggaraan GIIAS. “Seluruh rangkaian GIIAS The Series bertujuan tidak hanya menjadi platform untuk menampilkan inovasi terbaru dari merek yang berpartisipasi, tetapi juga memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan industri otomotif di kota penyelenggaraannya, yang kali ini adalah dengan penyelenggaraan GIIAS Semarang,” ungkap Kukuh Kumara selaku Sekretaris Umum GAIKINDO.

Menurutnya, Jawa Tengah memiliki potensi pasar yang dapat terus diekplorasi dan dimaksimalkan sehingga ia meyakini penyelenggaraan GIIAS Semarang akan mendapat sambutan positif dari Masyarakat Jawa Tengah.

Penyelenggaraan GIIAS Semarang yang ketiga kalinya di tahun 2024 kali ini akan hadir berbeda dari dua penyelenggaraan sebelumnya. Hadir dengan konsep “New Location, More Brands, and Endless Innovation,” pameran GIIAS Semarang 2024 diselenggarakan di lokasi baru yang lebih luas dan dengan fasilitas lebih nyaman, yaitu Muladi Dome Universitas Diponegoro, Semarang dengan total area yang digunakan mencapai 9.000 meter persegi.

Agus Riyadi, selaku Chief Operating Officer Seven Event, menyatakan “GIIAS Semarang hadir di venue terbaru dengan area lebih besar, sehingga tahun ini kami dapat mengakomodir antusiasme peserta, untuk membawa berbagai kendaraan dengan teknologi dan inovasi terbaru serta memberikan kenyamanan lebih bagi pengunjung saat menjelajahi area pameran,” ungkapnya.

Dengan venue yang lebih besar, pameran GIIAS Semarang juga akan menghadirkan total merek yang berpartisipasi lebih lengkap dengan total 18 merek kendaraan bermotor mulai dari jenis kendaraan penumpang seperti BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Serta Kendaraan komersial yaitu Toyota Commercial, sementara kendaraan roda dua akan hadir Alva, Excotic, Pacific dan Polytron. 

Selain itu, lebih dari 20 merek industri pendukung juga turut meramaikan GIIAS Semarang 2024 kali ini. 

Dari merek-merek yang berpartisipasi, 6 merek hadir perdana dalam penyelenggaraan GIIAS Semarang 2024 diantaranya dari kendaraan penumpang yaitu BYD, Citroen, GAC Aion dan MG sedangkan dari kendaraan roda dua yaitu Alva dan Polytron.  

Adanya kehadiran merek-merek baru pada GIIAS Semarang 2024 menambah semarak pameran dan memberikan experience bagi pengunjung. Selain berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan merek untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk mereka.

 Pengunjung dapat menjajal langsung unit kendaraan di area test drive dan test ride yang sudah disediakan pada saat penyelenggaraan pameran.

Berbagai keseruan lain juga dihadirkan seperti Audio Contest bekerja sama dengan EMMA (European Mobile Media Association), serta community meet up. GIIAS Semarang 2024 juga mendapat dukungan dari Shell Helix yang hadir sebagai sponsor.

Agus menambahkan bahwasannya kehadiran GIIAS Semarang di lokasi baru, dengan area yang lebih luas, memberikan kesempatan bagi peserta untuk memboyong lebih banyak model kendaraan terbaru. “Peserta akan menempati area booth lebih memadai untuk memamerkan lebih banyak model kendaraan mereka, oleh karena itu model-model kendaraan terbaru yang sebelumnya diperkenalkan di GIIAS BSD Tangerang pada Juli lalu serta beberapa kendaraan yang belum hadir di jalanan Indonesia akan hadir dan menjadikan GIIAS Semarang menjadi ajang otomotif yang tidak boleh dilewatkan oleh masyarakat di Jawa Tengah khususnya di Semarang,” ujarnya.

Segala keseruan dan pengalaman otomotif yang hanya bisa didapatkan selama 5 hari penyelenggaraan pameran GIIAS Semarang 2024 tentunya wajib menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan oleh para pengunjung. Para pengunjung dapat memanfaatkan promo tiket terbatas yang tersedia secara online melalui aplikasi Auto360: