Berikan Solusi Terbaik untuk Konsumen, Fox Logger Fokus Kembangkan AI untuk Otomotif

Oleh : Hariyanto | Selasa, 01 Oktober 2024 - 13:55 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Sumber Sinergi Makmur Tbk (IOTF), pemilik brand Fox Logger yang dikenal sebagai penyedia GPS tracker terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk terus berinovasi di tengah berkembangnya industri otomotif. 

Setelah sukses melakukan IPO pada 2023, Fox Logger kini memfokuskan pengembangan bisnis ke arah teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan solusi yang lebih baik bagi konsumen, terutama di segmen otomotif.

CEO PT Sumber Sinergi Makmur Tbk, Alamsyah Cheung menjelaskan bahwa Fox Logger sedang memperkuat fundamental produk, baik hardware maupun software, sambil terus mengembangkan teknologi AI yang relevan dengan kebutuhan pasar. 

"Industri otomotif di Indonesia, terutama kendaraan listrik (EV), akan semakin banyak mengadopsi teknologi AI untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Namun, saat ini penetrasi EV masih fokus pada segmen menengah ke atas karena keterbatasan infrastruktur pengisian baterai,” ujar Alamsyah yang dikutip pada Selasa (1/10/2024). 

Alamsyah menambahkan bahwa peluang terbesar masih ada pada mobil non-EV baik mesin konvensional ataupun hybrid, yang penjualannya jauh lebih besar dibandingkan EV. Menurutnya, teknologi AI memiliki potensi besar untuk diterapkan di mobil non-EV dengan tujuan meningkatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan efisien. 

"Dengan AI, konsumen tidak perlu direpotkan lagi dengan hal-hal seperti jadwal penggantian oli atau suku cadang. Semua bisa diprediksi dan dilakukan tepat waktu, sehingga kendaraan jarang mengalami kerusakan mendadak,” jelasnya.

Kolaborasi: Langkah Strategis Menuju Masa Depan

Dalam menjawab pertanyaan mengenai potensi kolaborasi di masa depan, Alamsyah Cheung menilai Astra International (ASII) adalah salah satu mitra potensial yang strategis bagi Fox Logger. "Astra adalah perusahaan kebanggaan bangsa, manufaktur otomotif terbesar di Indonesia. Teknologi AI yang kami kembangkan untuk memprediksi waktu penggantian suku cadang dapat menjadi solusi yang bermanfaat bagi produsen otomotif sebesar Astra," ungkapnya penuh keyakinan.

Alamsyah menambahkan, kolaborasi adalah kunci pertumbuhan di masa depan, karena dapat menciptakan sinergi yang saling menguntungkan. Menurutnya, teknologi yang ditawarkan Fox Logger memiliki potensi untuk melengkapi ekosistem grup otomotif besar seperti Astra, mulai dari United Tractors (UNTR), Astra Credit Companies (ACC), Astra Honda Motor (AHM) hingga Astra Digital dan Garda Oto. 

"Kami berharap dapat menjalin kerja sama yang memperkuat kedua belah pihak, serta menghadirkan inovasi yang lebih baik di industri otomotif Indonesia. Bahkan kami terbuka untuk opsi-opsi aliansi strategis," ujarnya secara diplomatis.

Fox Logger: Solusi Teknologi AI untuk Masa Depan Otomotif

Sebagai penyedia produk GPS tracker terbesar di Indonesia, Fox Logger terus memperkokoh posisinya di pasar teknologi otomotif. Setelah sukses menjadi perusahaan terbuka, Fox Logger terus mengembangkan solusi berbasis AI yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan konsumen. 

Alamsyah menegaskan bahwa Fox Logger siap menawarkan layanan dan teknologi yang dapat membantu perusahaan atau kelompok usaha Astra dan mitra lainnya dalam meningkatkan efisiensi serta menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman. 

“Teknologi yang kami tawarkan tidak hanya akan membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, tetapi juga menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman bagi konsumen,” ujar Alamsyah.

Fox Logger memandang kolaborasi dengan berbagai pemain besar seperti Astra sebagai langkah penting dalam mewujudkan visi bersama menuju masa depan otomotif yang lebih cerdas, baik untuk kendaraan listrik maupun konvensional.