Ini Kelebihan Meterai Elektronik untuk Bisnis Anda

Oleh : Hariyanto | Senin, 30 September 2024 - 10:54 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada beberapa waktu, e-Meterai atau meterai elektronik sempat menjadi buah bibir di tengah masyarakat. Terlebih, penggunaan e-Meterai merupakan salah satu syarat administrasi dalam proses pendaftaran CPNS.

Walau demikian, e-Meterai ini sebenarnya tidak hanya dapat digunakan oleh calon ASN saja. Bisnis juga dapat menerima manfaat dan kelebihan dari penggunaan e-Meterai. Melalui artikel ini, kami merangkum 4 kelebihan e-Meterai yang bisnis perlu ketahui.

1. Meningkatkan Efisiensi

Dengan menggunakan e-Meterai, proses pengesahan dokumen yang biasanya memakan waktu bisa dipercepat karena dilakukan secara digital. Proses manual seperti mencetak, mengirim, atau menunggu dokumen dibubuhkan dan ditandatangani tidak perlu lagi dilakukan. Dampaknya Anda atau tim bisa memiliki waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan prioritas lainnya.

Selain itu, e-Meterai juga memungkinkan pembubuhan dokumen dari mana saja dan kapan saja. Hal ini mengeliminasi kendala mobilisasi dan mempermudah kolaborasi yang dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi alur kerja bisnis.

2. Berkekuatan Hukum

Secara regulasi, e-Meterai di Indonesia sudah diatur melalui UU Bea Meterai serta PMK No 134 Tahun 2021 yang mengatur secara khusus e-Meterai. Ruang lingkup yang di atur mulai dari format, penggunaan, dan tata cara pengelolaannya. Dengan demikian, kekuatan hukum pada e-Meterai pada intinya setara dengan meterai konvensional sehingga aman untuk digunakan dalam transaksi resmi, baik perorangan ataupun bisnis.

Perusahaan yang mengadopsi penggunaan e-Meterai menunjukkan komitmen terhadap kepatuhan hukum. Dimana setiap transaksi dan dokumen yang menggunakan e-Meterai sudah membayar bea meterai dan memiliiki keabsahan hukum yang diakui sehingga dapat dijadikan sebagai bukti di pengadilan.

3. Mendukung Kampanye Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan e-Meterai, Anda ikut andil untuk mengurangi penggunaan limbah kertas yang mana turut menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu dengan e-Meterai, Anda tidak perlu mencetak, mengirim, dan menyimpan dokumen fisik sehingga dapat berkontribusi mengurangi jejak emisi karbon dari mobilisasi yang dilakukan untuk mengantarkan dokumen Anda.

4. Dapat Diintegrasikan dengan Sistem

Beberapa penyedia meterai elektronik resmi memiliki fitur integrasi alias API. Dengan API, bisnis maupun klien dapat melakukan pembubuhan meterai elektronik pada sistem/aplikasi miliknya masing-masing.

Itulah kelebihan e-Meterai yang sayang untuk bisnis lewatkan. Karena hanya dengan membeli eMeterai 1000, bisnis dapat memastikan transformasi digital pengesahan dokumen tetap aman dan berkekuatan hukum kuat. Selain itu, ada potensi pembubuhan dapat dilakukan lebih cepat melalui sistem yang terintegrasi.