SecurXcess Dukung Pemantauan dan Manajemen Keamanan Realtime

Oleh : Wiyanto | Kamis, 26 September 2024 - 22:10 WIB

INDUSTRY.co.idJakarta – SecurXcess dengan bangga mengumumkan peluncuran layanan 24/7 SOC (Security Operations Centre), sebuah fasilitas canggih yang dirancang untuk memberikan pemantauan dan manajemen keamanan secara real-time. SecurXcess Conference 2024, dengan tema “Protect your Organization, Securing the Peace of Mind”, diselenggarakan berkat kolaborasi strategis dengan beberapa mitra teknologi terkemuka, menandai langkah besar dalam komitmen SecurXcess untuk melindungi aset digital perusahaan.

SecurXcess Conference digelar pada 26 September 2024, dengan dihadiri Claudia Dwi Amanda, S.ST., M.Mhan, Sandiman Madya Deputi II selaku Head of National Security Operation Center, BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), sertapakarindustri seperti Thata Apriatin, VP/Head of Security Command Center IOH (PT Indosat Tbk), Mochamad Riza Achrulah, IT Security Head PT Allo Bank Indonesia Tbk, dan Fitra Ananda, ICT Governance Manager JICT (PT Jakarta International Container Terminal) yang telah mempercayakan SecurXcess sejak 2021. Konferensi ini bertujuan memberikanwawasan mendalam tentang strategimitigasi yang efektif untuk berbagaisektor, dengan penekanan pada penerapan strategikeamananyang komprehensif.

“Melaluipemaparan dari para ahli, peserta akan mendapatkan pemahamantentang trenterbaru dalam keamanansiber serta bagaimana mengantisipasi dan merespons ancaman yang terus berkembang. Dengan demikian, konferensi ini akan menjadi platform pentinguntukmemperkuat pertahanan perusahaandan meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapitantangan keamanan digital dimasadepan,” ujar Ariesto Kosasih, CEO SecurXcess.

Layanan Pemantauan dan Respons Cepat 24/7

SOC 24/7 SecurXcess menawarkan pemantauan sepanjang waktu dan respons insiden secara cepat oleh tenaga ahli bersertifikat. Dengan kemampuan untuk mendeteksi dan menangani ancaman secara real-time, layananini dirancang untuk meminimalkan risikodan menjagaintegritas jaringan perusahaan.

Ariesto Kosasih jugamenyoroti peran penting teknologi terkini, seperti AI, Machine Learning, dan Automation, yang saat ini diimplementasikan dalam dunia SOC. Beliau menekankan bahwa penggunaan teknologi yang tepat sangat pentinguntuk menghadapi berbagai ancaman keamanan siberyang terus berkembang.

"Teknologi diciptakan untuk membantu kita. Contohnya, senjatadibuat untuk melindungi, namunjikadigunakanoleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dapat berujung pada kejahatan bersenjata. Pertanyaannya, apakah kita akan menghadapi ancaman tersebut dengan tangan kosong? Tentu saja tidak. Kita juga harus mempersenjatai diri dengan teknologi yang sesuai. Oleh karena itu, perkembangan AI, Machine Learning, dan Automation perlu kita adopsi dan manfaatkandalam SOC dan sistempertahanan untuk menjaminkelangsungan bisnis," jelas Ariesto.

"Layanan SOC dan MDR (Managed Detection & Response) yang kamiterapkan bersama SecurXcess memungkinkan respons dan pemblokiran terhadap ancaman yang terdeteksi, yang awalnya hanya berfungsi sebagai alat monitoring. Kami juga mengembangkan aspek 'People' dengan meningkatkan kesadaran keamanan siber di kalangan karyawan melalui email dan webinaryang diselenggarakan dengan dukungan SecurXcess sebagai narasumber, serta melakukan phishing exercise dan National Cyber Exercise (NCE) bersama BSSN," ujar Fitra Ananda, ICT Governance Manager JICT, yang membagikan pengalamannya berkolaborasidenganSecurXcess dan mengimplementasikan keamanansiber diJICT.