BUMN Learning Festival 2024, tingkatkan kapabilitas dan daya saing Insan BUMN

Oleh : Wiyanto | Kamis, 26 September 2024 - 21:24 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Kementerian BUMN Berkolaborasi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan BUMN School of Excellence (BSE) dengan bangga mengumumkan peluncuran BUMN Learning Festival 2024, sebuah inisiatif nasional yang bertujuan untuk membangun budaya belajar berkelanjutan di kalangan Insan BUMN.

"Investasi terbesar adalah investasi pada diri sendiri. BUMN Learning Festival 2024 hadir untuk memfasilitasi hal tersebut dan mendorong Insan BUMN untuk terus tumbuh dan berkembang. Dengan mengasah kompetensi dan mengadopsi nilai-nilai AKHLAK, Insan BUMN diharapkan siap menghadapi tantangan masa depan dan membawa BUMN semakin maju," kata Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Agus Dwi Handaya.

Agus berharap BUMN Learning Festival 2024 mampu menginspirasi Insan BUMN untuk menjadi lifelong learner dan terus mengembangkan potensinya untuk berkontribusi kepada kesejahteraan masyarakat.

"BUMN Learning Festival 2024 adalah komitmen kami untuk menciptakan sumber daya manusia BUMN yang unggul dan berdaya saing global. Dengan meningkatkan kapabilitas, Insan BUMN dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perusahaan dan negara."

Mengusung tema "Building Sustainable Learning Culture," festival mengangkat pilar core value Kompeten dalam AKHLAK yang mendorong Insan BUMN untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Festival berlangsung sepanjang September hingga Oktober 2024 dan melibatkan serangkaian kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas seluruh Insan BUMN secara mandiri melalui platform pembelajaran daring melalui platform LinkedIn Learning, membaca buku, mengikuti pelatihan, dan kegiatan lainnya seperti berbagi pengetahuan dan berinovasi. Selain itu, Grup BUMN juga akan berkolaborasi dalam menyelenggarakan berbagai acara pembelajaran secara luring, yang tersebar di lima kota.

BUMN Learning Festival 2024 terdiri dari serangkaian kegiatan yang dimulai dari Self Learning (20 September -14 Oktober), sebuah event pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh para Insan BUMN melalui LinkedIn Learning dengan mengakses sejumlah free course di platform sosial media jejaring professional tersebut. Insan BUMN dapat mendaftar di tautan https://bit.ly/LearningFestivalBUMN24.

Selain dilakukan secara mandiri dalam jaringan, BUMN Learning Festival 2024 juga dihadirkan secara offline di lima kota saat Learning Roadshow yang menghadirkan para pembicara pakar hingga sharing session.

Learning Roadshow dimulai dari Medan, Sumatera Utara yang digelar oleh Pelindo pada 26 September 2024, dilanjutkan di Balikpapan, Kalimantan pada 3 Oktober 2024 dengan Pertamina sebagai penyelenggara, lantas Makassar pada 8 Oktober 2024 oleh PTPN, Denpasar 10 Oktober 2024 oleh Aviasi Pariwisata Indonesia/InJourney. Puncak acara akan digelar di Jakarta pada 15 Oktober 2024 di Jakarta oleh BTN.

Adapula rangkaian Learning Race, yakni kompetisi learning bagi Insan BUMN dan BUMN sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme pengembangan diri yang telah dilakukan. Race bisa dilakukan dengan mencetak skor tertinggi AKHLAK di LinkedIn, menyelesaikan jumlah kursus mandiri di LinkedIn Learning serta mengunggah konten paling inspiratif di portal HCIS.

Sebagai bagian dari acara puncak, BUMN Learning Festival 2024 akan memberikan penghargaan Super Learner Award untuk mengapresiasi individu dan BUMN yang telah menunjukkan semangat belajar yang tinggi dan kontribusi positif bagi pengembangan kompetensi di lingkungan kerja.