Tingkatkan Kesejahteraan Petani Gula Aren Desa Temon, Dompet Dhuafa Luncurkan Program Pemberdayaan UMKM

Oleh : Candra Mata | Kamis, 26 September 2024 - 17:29 WIB

INDUSTRY.co.id - Pacitan, Jawa Timur - Program Pemberdayaan UMKM Gula Aren Temon, Dompet Dhuafa mendorong para petani tidak hanya focus dalam memperoleh peningkatan pendapatan, tetapi juga keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka. Di samping itu, para petani yang juga penerima manfaat bisa menularkan aspek pemberdayaan kepada para petani lainnya.

Seperti yang di ungkapkan I Gusti Ayu Ngurah Megawati dalam rilisnya (Kamis, 26/09) mengaku bangga dengan kolaborasi ini. “Saya yakin Pemberdayaan UMKM Gula Aren Temon ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan UMKM gula aren di Desa Temon”.

“Berawal dari sebuah forum diskusi, hingga berlanjut sampai tahap ini, rasanya bersyukur dan berterima kasih kepada Dompet Dhuafa. Saya yakin ini akan menjadi kebanggaan UMKM lokal desa,” tambah I Gusti Ayu Ngurah.

Hal tersebut di sambut baik oleh Kepala Desa Temon, Jamiatin, “Kehadiran program ini kami sambut baik dan berharap dapat menjadikan Desa Temon sebagai desa mandiri yang berpusat pada produksi gula aren berkualitas”.

Sebelumnya pada Jumat lalu (06/09) Dompet Dhuafa bersama Gula Aren Temon dan Kelompok Tani Hutan Lestari resmi meluncurkan Program Pemberdayaan UMKM Gula Aren Temon di Rumah Pemberdayaan Dompet Dhuafa, Desa Temon, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lebih dari 50 penerima manfaat dari kalangan petani gula aren setempat.

Udhi Tri Kurniawan selaku Deputi Direktur I Program Pemberdayaan Dompet Dhuafa, berharap program ini dapat menjadi contoh keberhasilan pemberdayaan masyarakat dan terus berkembang untuk memberikan manfaat yang lebih luas. “Kami berharap program ini tidak hanya dilihat dari aspek keberlanjutannya, tapi juga berkembang lebih baik dan berdampak luas untuk masyarakat”.

Sementara itu, Moch. Rizzqi Aladib selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur mengatakan, “bahwa pihaknya sangat optimis dengan dukungan dari berbagai pihak, program ini akan berhasil meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani gula aren. Ia menegaskan bahwa program ini bisa ada tentu atas kepercayaan para donatur yang menitipkan dananya kepada Dompet Dhuafa”.

“Semoga amanah dari para donatur ini dapat dikelola dengan baik dan mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar,” pungkas Moch. Rizzqi.