SIRCLO dan idEA Sukses Gelar E-Commerce Expo 2024 Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital Berkelanjutan

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 26 September 2024 - 17:09 WIB

INDUSTRY.co.id - Tangerang — SIRCLO dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) sukses menyelenggarakan pameran e-commerce terbesar di Indonesia bertajuk “E-Commerce Expo 2024” pada tanggal 24 hingga 25 September di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City. 

Dengan mengusung tema “Accelerating the Path Forward, Together”, acara ini berpusat pada ruang diskusi antar pemangku kepentingan, termasuk pelaku usaha dari UMKM hingga enterprise, mitra, asosiasi, peritel, hingga penggiat teknologi guna menciptakan sinergi dalam mempercepat pertumbuhan e-commerce dan ekonomi digital Indonesia.

Pada pembukaan E-Commerce Expo 2024, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menyebut jang ini dapat menjadi media pertukaran ide serta solusi untuk mendorong pertumbuhan niaga elektronik di masa depan. 

Mendag Zulkifli Hasan turut menyoroti tiga potensi ekonomi digital. 

"Pertama, ekonomi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru. Kedua, ekonomi digital akan mempercepat transformasi sektor-sektor ekonomi, adopsi teknologi digital dalam sektor ekonomi dan industri, serta berdampak pada meningkatnya produktivitas dan daya saing di pasar global. Ketiga, ekonomi digital akan membuka lebar pintu bagi akses finansial inklusif," beber Mendag. 

Pada tahun 2023, pemerintah meluncurkan Visi Indonesia Digital 2045, yang bertujuan memetakan strategi jangka panjang untuk mengubah Indonesia dari pengguna teknologi global menjadi inovator global. 

Dalam mendukung ambisi tersebut, E-Commerce Expo 2024 telah menghadirkan lebih dari 70 pakar yang mengupas berbagai topik vital mengenai tantangan dan peluang seputar e-commerce, seperti tren belanja online yang kian dinamis, peluang pasar Generasi Z, pemanfaatan teknologi dan inovasi Artificial Intelligence, hingga keamanan siber, dengan tujuan memperkaya wawasan bagi ribuan peserta di sektor yang bergerak dengan cepat.

Sejalan dengan Visi Indonesia Digital 2045, Chief Executive Officer dan Founder SIRCLO, Brian Marshal, SIRCLO percaya bahwa teknologi merupakan pilar utama dalam memperkuat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. 

Dengan prediksi potensi ekonomi digital yang terus berkembang, perkembangan teknologi yang inklusif akan memungkinkan para pelaku usaha memperluas jangkauan pasar secara efektif. 

"Kami berharap, acara seperti E-Commerce Expo 2024 mampu mendorong pelaku bisnis memaksimalkan peluang dan membawa ekonomi digital Indonesia ke tingkat global yang lebih kompetitif dan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat," katanya.

Dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital yang eksponensial, diperlukan sinergi yang kuat dari berbagai pemangku kepentingan. 

Menurut Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Hilmi Adrianto, sebagai penyokong utama pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, industri e-commerce terbukti mampu menggerakkan roda bisnis, serta memberi keamanan dan kenyamanan pada masyarakat dalam menjalankan aktivitas ekonominya. 

"Dukungan semua pemangku kepentingan sangat dibutuhkan. E-Commerce Expo 2024 melalui berbagai tema diskusinya membuka banyak jendela untuk ide serta gagasan cemerlang dalam untuk bisa mengembangkan potensi Indonesia yang sudah tampak di depan mata,” kata Hilmi.

Hilmi juga menegaskan komitmen idEA untuk terus mendampingi dan menjadi wadah bersama para pelaku industri e-commerce. 

“IdEA akan selalu siap menjadi lokomotif untuk bisa bersama melangkah dan menjawab setiap tantangan untuk mencapai Indonesia Emas dengan ekonomi digital yang mumpuni.”