Pameran Perdana Process Innovation Asia Pacific Mendorong Transformasi Industri Kimia dan Farmasi di Asia Tenggara

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 25 September 2024 - 18:21 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Constellar bekerja sama dengan DECHEMA Ausstellungs-GmbH (DECHEMA Exhibitions) , akan menggelar pameran perdana bertajuk Process Innovation Asia Pacific - Powered by ACHEMA (PIA) yang akan diselenggarakan pada tanggal 19-21 November 2024 di Singapore EXPO.

Untuk memaksimalkan manfaat bagi Indonesia pada pameran PIA 2024, hari ini (25/9) Constellar menggelar roadshow di Jakarta bertemu dengan para pejabat pemerintahan dan pelaku bisnis memberikan pengetahuan yang lebih luas dan akurat mengenai pameran dan perkembangan industri terkini.

Sebagai pameran Teknologi Proses terlengkap di Asia Tenggara, PIA 2024 akan memenuhi kebutuhan pasar yang belum terpenuhi akan pameran khusus yang mendorong transformasi dan menginkubasi inovasi di industri teknologi proses di kawasan Asia Pasifik dengan potensi pertumbuhan yang kuat. Industri ini meliputi farmasi, kimia (petro), bioteknologi, dan pengolahan makanan . PIA 2024 akan memungkinkan para pengambil keputusan utama, pemain global, dan pengguna akhir untuk membangun koneksi yang berkelanjutan, mempelajari teknologi proses terbaru, menginspirasi inovasi, dan berkolaborasi untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang. 

“Karena industri makanan dan minuman menghadapi tantangan yang semakin meningkat dalam hal keberlanjutan, efisiensi, dan beradaptasi dengan teknologi yang berkembang pesat, sangat penting bagi kita untuk tetap menjadi yang terdepan dalam hal inovasi,” ujar Lena Prawira, Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI). “Pameran Process Innovation Asia Pacific berfungsi sebagai platform penting untuk bertukar pengetahuan dan membina kolaborasi di seluruh wilayah. Saya merasa terhormat dapat berkontribusi sebagai bagian dari Komite Penasihat Internasional dan menantikan diskusi-diskusi mendalam yang akan memajukan industri kita,”

Etalase Lengkap Solusi Inovatif Global

PIA 2024 berharap dapat menyambut lebih dari 200 peserta pameran dan 10.000 pengunjung dari 20 negara dan wilayah, termasuk Belgia, Cina, Jerman, Italia, Jepang, Malaysia, Singapura, Swiss, dan Inggris, yang akan memamerkan teknologi dan aplikasi proses terbaru untuk mengoptimalkan kinerja, meningkatkan keberlanjutan, dan mendorong nilai tambah yang lebih tinggi untuk berbagai industri.

PIA 2024 bermitra dengan para pemimpin utama dalam industri proses untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan aplikasi dunia nyata yang praktis dari teknologi proses canggih. Kolaborasi ini akan ditampilkan sebagai pusat inovasi di PIA 2024, di mana para peserta dapat merasakan pengalaman langsung dalam penerapan inovasi mutakhir.

Sebagai contoh, Evonik, Gold Partner untuk PIA 2024, akan memamerkan teknologi generasi berikutnya bersama dengan perkembangan terbaru dalam bidang keberlanjutan dan ilmu hayati . Peserta pameran terkemuka lainnya termasuk Art Photonics, Bosch, Calgavin, CTW Cleaning Systems, Cyclect, HIMA Asia, Huizhou Newland Magtech Corp, Italvacuum, L.B. Bohle, LKH Electro, Nantong Sutong Separation Tech, Piller, Satake Multimix, tec5 AG, Wasson-ECE, Wiese Eropa, dan Wuxi Zhanghua Pharmaceutical Equipment Co, dan lain-lain.

Meningkatkan Pengalaman Profesional dengan Perspektif dan Wawasan Pakar

Selain memungkinkan para pemain industri yang sudah mapan dan perusahaan rintisan untuk memamerkan teknologi perintis dan proses inventif, PIA 2024 akan memanfaatkan kesuksesan ACHEMA, yakni forum dunia dan pameran terkemuka untuk industri proses, untuk menampilkan konten yang dipilih dengan cermat yang membahas tren dan perkembangan penting. Berlangsung di 50 sesi program acara di Process Innovation Summit, seminar dan lokakarya teknis, PIA 2024 akan memberdayakan para profesional teknologi proses dengan wawasan terbaru tentang topik-topik penting seputar tiga pilar yang mendorong pertumbuhan bisnis dan mendorong keberlanjutan dalam industri proses. Topik-topik tersebut adalah:

•    perkembangan industri dan lanskap di Asia, termasuk kebijakan perdagangan, peluang investasi, dan inisiatif keberlanjutan di negara-negara utama;

•    adopsi teknologi digital dan praktik-praktik terbaik; dan

•    kemajuan dan solusi nyata dalam praktik-praktik berkelanjutan.

Mengenai pameran PIA 2024, Bapak Andi Rizaldi, Kepala Badan Standardisasi Nasional dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) di Kementerian Perindustrian Indonesia, akan berbagi inisiatif dan prioritas utama untuk mentransformasi industri proses di Indonesia.

“Ketika industri di Asia Pasifik berusaha untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan, pentingnya standarisasi dan proses inovatif tidak dapat dilebih-lebihkan. Process Innovation Summit adalah platform penting yang mempertemukan para pemimpin industri, inovator, dan pembuat kebijakan untuk bertukar ide dan solusi yang mendorong transformasi industri. BSKJI bangga dapat berpartisipasi sebagai pembicara dalam pertemuan ini, karena sejalan dengan misi kami untuk meningkatkan standar industri dan mendorong lanskap manufaktur yang kompetitif, tangguh, dan berkelanjutan di seluruh wilayah,” kata Andi Rizaldi.

Pembicara penting lainnya termasuk Chief Executive Officer Laurus Bio Mr Rajesh Krishnamurthy, Anggota Dewan Eksekutif Extended Evonik Industries AG dan Presiden Asia Pasifik Dr Claus Rettig, dan Chief Sustainability Officer untuk Indorama Ventures PC Dr Anthony M. Watanabe. Mereka akan banyak berbagi tentang inovasi proses biotek, potensi aplikasi biotek, masa depan industri kimia Asia Tenggara dan mengembangkan nilai produk sirkular dan rantai pasokan untuk industri proses.

“Asia Pasifik merupakan salah satu pasar pertumbuhan utama bagi Evonik, dan Asia Tenggara sebagai wilayah yang sangat penting bagi pengembangan manufaktur dan R&D kami. Sebagai perusahaan bahan kimia khusus yang berkomitmen terhadap keberlanjutan, kami melangkah lebih jauh untuk memungkinkan transformasi dengan mengintegrasikan teknologi generasi mendatang, praktik produksi yang berkelanjutan, kemitraan kolaboratif, pengembangan talenta, dan keterlibatan masyarakat ke dalam operasi inti kami,” ujar Dr Claus Rettig. “Acara yang akan datang di Singapura akan memberikan banyak kesempatan bagi kami untuk memperkuat jaringan kami di seluruh sektor industri, penelitian dan pengembangan, serta pemerintahan. Kami sangat menantikan untuk memajukan keberlanjutan bersama dengan para pemain ekosistem utama lainnya di Asia Pasifik untuk melindungi lingkungan kita bagi generasi mendatang.”

“ASEAN adalah rumah bagi akar Indorama Ventures, organisasi saudara kami, dan kantor pusat global kami. ASEAN juga merupakan wilayah di mana kami memiliki jejak manufaktur yang signifikan dan terus berkembang. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika kami memandang pentingnya kawasan ini bagi nilai yang kami berikan kepada pelanggan. Keterlibatan yang berarti dengan para pemangku kepentingan PIA di Singapura memberikan peluang strategis untuk penentuan teknologi, inovasi, dan kemitraan baru,” ujar Dr Watanabe.