Lanjutkan Sinergi Pendidikan Bersama Matahari Store, Dompet Dhuafa Salurkan Ratusan Paket Peralatan Sekolah di SD Lubuk Linggau, Sumatra Selatan

Oleh : Candra Mata | Rabu, 25 September 2024 - 09:35 WIB

INDUSTRY.co.id - Lubuk Linggau, Sumsel - Dompet Dhuafa dan Matahari kembali bersinergi untuk mendukung kegiatan pendidikan menyalurkan bantuan 100 paket school kit dan hygiene kit untuk siswa-siswi sekolah dasar di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan, pada Jum’at (20/09/2024). Penyaluran bantuan tersebut terselenggara di Convention Hall SIT Mutiara Cendekia, Jogoboyo, Lubuk Linggau.

Para siswa -siswi penerima manfaat program ini terdiri dari 18 sekolah dasar yang tersebar di 6 kecamatan di Kota Lubuk Linggau, yakni Kecamatan Lubuk Linggau Utara I, Lubuk Linggau Utara II, Lubuk Linggau Barat I, Lubuk Linggau Barat II, Lubuk Linggau Timur I dan Lubuk Linggau Timur II. Mereka hadir didampingi langsung oleh para Kepala Sekolah dan guru peserta didik sebagai guru pendamping sekolah masing-masing menuju lokasi.

Kegiatan Penyaluran Bantuan 100 Paket School Kit dan Hygiene Kit ini juga turut dihadiri oleh manajemen Matahari yang diwakili oleh Matahari Lubuk Linggau, tim Dompet Dhuafa serta manajemen dan pengurus Yayasan SIT Mutiara Cendekia.

Hadir pada momen ini, manajemen Matahari Lubuk Linggau yakni Henny selaku Store Manager Matahari Lubuk Linggau, Debby (Asisten Store Matahari Lubuk Linggau), Bernard (SPV Personalia Matahari Lubuk Linggau), dan Dika (SPV Visual Matahari Lubuk Linggau), serta 10 orang tim SPG Matahari Lubuk Linggau.

Perwakilan Dompet Dhuafa dihadiri oleh Dian Sukma Riany selaku tim Partnership Dompet Dhuafa dan Asep Irama (Perwakilan Dompet Dhuafa Sumsel Unit Lubuk Linggau).

Proses pembagian 100 Paket School Kit dan Hygiene Kit kepada para siswa juga turut dibantu oleh manajemen Matahari dan juga tim SPG Matahari yang turut hadir memeriahkan dan membantu acara ini.

Adapun Manajemen Yayasan Pendidikan dan Dakwah Pelita Taqwa (Yayasan pengelola SIT Mutiara Cendekia) dihadiri oleh Ir. H. A. Firdaus Azis, MM (Opa Firdaus) selaku Ketua Pembina Yayasan, Dra. Hj. Med.Vet.Retno Trapsilowati, MM (Oma Retno) selaku Ketua Yayasan, Drh. Adila Widyaratih, M.Si (Bendahara Pengurus Yayasan), Dr. H. Umar Diharja, SP., M.AP (Abi Umar) selaku Direktur Pendidikan SIT Mutiara Cendekia, Adi Sucipto, S.Pd (SDIT Mutiara Cendekia Lubuk Linggau) dan Abdiansyah (Kepala SMPIT Mutiara Cendekia) para guru dan staf serta siswa siswi SDIT Mutiara Cendekia Lubuk Linggau selaku pengisi acara.

Henny selaku Store Manager Matahari Lubuk Linggau pada sambutannya menjelaskan, bantuan 100 Paket School Kit dan Hygiene Kit yang dibagikan di SIT Mutiara Cendekia bersama Dompet Dhuafa merupakan hasil donasi pelanggan Matahari se-Indonesia selama periode Ramadhan 1445 H (Februari-April 2024).

“Selama periode Ramadhan, pelanggan Matahari di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam program donasi pelanggan yang penyalurannya dikelola oleh Dompet Dhuafa. Pada tahun 2024, program Donasi Pelanggan ini difokuskan pada pendidikan dan kesehatan anak-anak di Indonesia.,” jelasnya.

Perwakilan Dompet Dhuafa Sumsel Unit Lubuk Linggau, Bapak Asep Irama, M, menyampaikan pada sambutannya, Lubuk Linggau dipilih sebagai lokasi penyerahan bantuan karena banyak anak-anak usia sekolah dasar yang membutuhkan berdasarkan koordinasi bersama tim relawan Dompet Dhuafa yang merupakan alumni Program Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa.

Hal ini juga ditambahkan oleh Dian Sukma Riany selalu Partnership Dompet Dhuafa , “Jadi sebelum penyerahan bantuan ini, kami dibantu Tim Dompet Dhuafa Sumsel untuk asesmen anak-anak calon penerima dengan kategori yaitu anak SD yatim/duafa usia 6-12 tahun. Dengan diserahkannya bantuan school kit dan hygiene kit ini mudah-mudahan bisa membantu dan menyemangati anak untuk sekolah,” jelasnya.

Dian Sukma Riany juga menjelaskan, diserahkannya bantuan ini kolaborasi dengan MC Peduli dan diadakan di SIT Mutiara Cendekia karena adanya alumni Tim SGI Dompet Dhuafa yang mengajar di SIT Mutiara Cendekia.

“Kami (Dompet Dhuafa), Matahari dan SIT Mutiara Cendekia dengan MC Peduli, sepertinya punya visi yang sama untuk membantu anak-anak yang membutuhkan ini. Mereka sangat antusias mengakomodir lokasi, mengumpulkan anak-anak dan memudahkan kami mengadakan acara ini. Program ini digagas Dompet Dhuafa dan Matahari sebagai bentuk implementasi program kebaikan bersama Donasi Pelanggan Matahari Februari sampai April 2024 fokusnya kami salurkan ke Pendidikan dan Kesehatan untuk anak-anak. Semoga dengan adanya bantuan ini bisa membantu memberdayakan anak-anak kelak menjadi generasi bangsa yang berkualitas,” jelasnya.

Pada momen itu juga diisi dengan tausiyah oleh Ustadz Dersa Subarta, S.Sos tentang ‘Meneladani Nabi Muhammad Rasulullah SAW’. Diantara sifat Rasulullah SAW yang penting kita teladani yakni jiwa pemaaf dan kejujurannya. Tema ini diangkat, karena beberapa hari lalu kita baru saja memperingati Maulid Nabi Muhammad.

“Dengan selalu meneladani 2 sifat ini saja, insyaAllah kita akan hidup tenang dan selalu mendapat kemudahan di dunia maupun akhirat,” ungkap Ustaz Dersa Subarta.

Pada kesempatan ini Abi Umar selaku Direktur Pendidikan SIT Mutiara Cendekia juga menyampaikan sambutannya dengan haru terkait perjuangan menuju kesuksesan kepada para siswa-siswi yang hadir.

“Jangan pernah berfikir keterbatasan kita hari ini membuat kita tidak punya kesempatan. Jangan jadikan keterbatasan penghalang kita menggapai cita-cita. Ayo, kejar cita-cita kalian. Lakukan apapun yang jadi tugas kalian hari ini dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa tetap kuatkan niat kalian untuk memberikan yang terbaik bagi orang tua. Karena dengan memberikan yang terbaik pada orang tua, itulah kunci yang bisa menjadikanmu orang-orang sukses dikemudian hari,” terang Abi Umar dalam sambutannya.

Abi Umar juga berharap, kegiatan sosial Matahari, Dompet Dhuafa dan MC Peduli jangan sampai terhenti sampai di sini. Kolaborasi semoga tetap terus berlanjut agar kebermanfaatan kebaikan bukan hanya dirasakan siswa siswi PAUDIT, SDIT dan SMPIT Mutiara Cendekia, namun juga anak-anak di Lubuk Linggau dari sekolah lainnya.