Dukung Pertumbuhan UMKM, MUF Resmikan Program CSR MUF Soul Warteg Binaan

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 24 September 2024 - 18:53 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT Mandiri Utama Finance (MUF), anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan meresmikan Program CSR MUF Peduli yakni “MUF Soul Warteg Binaan” salah satunya di Warteg Pak Dodi, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Kamis (19/09).

Program MUF Soul Warteg Binaan ini dibuka serentak di empat titik wilayah, yakni di Kabupaten Bogor, Surabaya, Rembang, dan Bekasi.

“Sejalan dengan salah satu fokus BUMN dan anak usaha BUMN, yaitu pelaksanaan program pengembangan UMKM, MUF turut berkontribusi melalui program CSR MUF Soul Warteg Binaan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan usaha warteg rumahan yang sesuai dengan Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs),” ungkap Elisabeth  Lidya Sirait, Corporate Secretary & Legal Division Head MUF.

Elisabeth menjelaskan bahwa program MUF Soul Warteg Binaan merupakan implementasi atas SDGs untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dari kelompok masyarakat rentan. Program ini juga memberikan akses masyarakat terhadap makanan bergizi yang terjangkau sehingga membantu mewujudkan kehidupan yang sehat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Wilayah Mandiri Utama Finance Jabodetabek I Affan Barieda menyebutkan perusahaan akan terus berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang merupakan tulang punggung kebangkitan ekonomi nasional. Affan juga berharap program ini dapat mendukung UMKM masyarakat Cibinong, Kabupaten Bogor, dan sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan dengan subsidi makanan.

“Dengan adanya bantuan CSR berupa subsidi, diharapkan warteg yang menjadi mitra MUF dapat meningkatkan keuntungan melalui penambahan penjualan sebesar 50 porsi per hari dimana sebelumnya, penjualan hanya sekitar 20-30 porsi per hari,”  pungkas Affan.

Program MUF Soul Warteg Binaan menyasar pada warteg non-franchise (milik sendiri). Melalui program ini, perusahaan berharap dapat berkontribusi dalam mengurangi angka kemiskinan melalui penyediaan makanan bersubsidi bagi kaum dhuafa sekaligus meningkatkan kesejahteraan usaha warteg rumahan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Mandiri Utama Finance atas program ini. Sebagai pelaku UMKM, kami merasa sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya program ini. Dengan penambahan penjualan sebesar 50 porsi perhari, pertumbuhan pendapatan kami sebagai warteg rumahan sangat terbantu untuk berkembang. Harapannya, usaha kami dapat maju sehingga kami bisa mendapatkan penghidupan yang lebih sejahtera,” sambut Dodi, pemilik Warteg Pak Dodi.

Program CSR ini dengan memberikan subsidi kepada kaum dhuafa, seperti tukang ojek, pemulung, pedagang kecil, pengemis, tukang becak, yatim piatu melalui . Dalam hal ini, MUF bekerja sama dengan masjid, gereja, serta komunitas yang berada di sekitar lingkungan warteg binaan.

PT Mandiri Utama Finance (MUF) merupakan anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, salah satu bank terbesar di Indonesia. MUF berdiri secara resmi pada tanggal 21 Januari 2015 dan mulai beroperasi penuh pada tahun 2016. MUF bergerak di sektor pembiayaan untuk kebutuhan kendaraan bermotor serta multiguna, berbasis Konvensional dan Syariah.