Diakui Panggung Global, Bank Mandiri Raih Pengakuan dari Newsweek USA

Oleh : Wiyanto | Selasa, 24 September 2024 - 11:33 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Menyambut HUT ke-26 yang jatuh pada 2 Oktober 2024, Bank Mandiri kembali meraih prestasi cemerlang di panggung internasional. Bank berlogo pita emas ini berhasil masuk dalam daftar World’s Most Trustworthy Companies 2024 yang dirilis oleh majalah Newsweek.

Dalam edisi 20 September 2024, majalah mingguan asal Amerika yang didirikan pada 1933 tersebut, Bank Mandiri menempati peringkat ke-16 dalam kategori perbankan global. Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pengakuan ini menegaskan reputasi Bank Mandiri sebagai institusi keuangan yang konsisten menjaga integritas, kepercayaan, kualitas serta inovasi yang Adaptif dan Solutif kepada seluruh stakeholder.

Adapun, penyusunan daftar ini ini dilakukan oleh Newsweek bekerja sama dengan Statista, dan didasarkan pada sejumlah indikator utama seperti tingkat kepercayaan pelanggan, kesejahteraan karyawan, serta kredibilitas perusahaan di mata stakeholder. Dalam proses penilaian ini, lebih dari 1.000 perusahaan dari 20 negara dan 23 sektor industri dinilai melalui survei yang melibatkan 70.000 responden serta ratusan ribu evaluator dari para pemangku kepentingan.

“Kami sangat bersyukur atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank Mandiri, baik oleh nasabah, karyawan, maupun investor. Pengakuan ini mencerminkan upaya kami dalam menjaga integritas dan memastikan layanan yang Adaptif dan Solutif di seluruh aspek operasional kami,” ujar Darmawan dalam keterangan resminya, Selasa (24/9).

Sebagai informasi, hingga paruh pertama 2024 Bank Mandiri berhasil mencatat total aset menembus Rp 2.258 triliun secara konsolidasi, naik 15% secara year on year (YoY). Pencapaian tersebut praktis mengukuhkan posisi Bank Mandiri sebagai bank dengan aset terbesar di Indonesia secara konsolidasi.

Perolehan aset tersebut ikut didorong oleh penyaluran kredit konsolidasi mencapai Rp 1.532 triliun di Kuartal II 2024, tumbuh 20,5% secara tahunan. Pertumbuhan ini melampaui rata-rata industri perbankan yang tumbuh sebesar 12,36% YoY per Juni 2024.

Realisasi kredit tersebut turut diikuti oleh pencapaian laba bersih Bank Mandiri secara konsolidasi yang tumbuh 5,23% YoY menjadi Rp26,6 triliun pada akhir Kuartal II 2024. Darmawan menambahkan, dengan masuknya Bank Mandiri dalam daftar “World’s Most Trustworthy Companies 2024”, memperkuat posisinya di pasar global khususnya Asia, serta terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia.

“Kami akan terus menjaga dan meningkatkan kepercayaan dari seluruh stakeholder melalui manajemen yang baik, inovasi berkelanjutan, serta layanan yang unggul,” pungkas Darmawan.