Himpunan Kawasan Industri (HKI) Apresiasi Capaian Kinerja Menperin Agus dalam Memajukan Sektor Industri

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 September 2024 - 00:02 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Para pelaku usaha dan pengurus Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian dan kinerja Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita kurun waktu 2019-2024 dalam memajukan sektor industri di tanah air.

Ketua Umum HKI, Sanny Iskandar juga menyampaikan ucapan selamat atas penghargaan gelar doktor honoris causa dari Hiroshima University kepada Menperin.

"Ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi dan kontribusinya dalam memajukan sektor industri dan pengembangan kawasan-kawasan industri dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Sanny di Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Menurutnya, dibawah Kepemimpinan Menperin Agus, kinerja Kementerian Perindustrian khususnya berkaitan dengan sektor kawasan industri senantiasa berbenah dan mengikuti perkembangan global. 

Dimana saat ini pengembangan kawasan industri di Indonesia telah memasuki generasi ke-4 dengan berbasiskan digital/smart dan ramah lingkungan serta transisi energi

"Inisiatif Menperin Agus melalui Kemenperin dalam mendorong pengembangan Smart Eco Industrial Park sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan, serta memperkuat daya saing kawasan industri nasional," jelas Sanny.

Dikatakannya lebih lanjut, sebagai mitra strategis dari pemerintah, HKI akan terus bekerjasama dengan Kemenperin dalam upaya mendorong investasi, menciptakan lapangan kerja, ketahanan dan daya saing kawasan industri nasional.

HKI, sambung Sanny, juga mengapresiasi atas langkah cepat dan keberanian Menperin Agus dalam mengeluarkan kebijakan IOMKI (Izin Operasional Mobilitas Kegiatan Industri) selama di masa pandemi Covid-19, yang sangat membantu menjaga kelangsungan industri dan perekonomian pada saat itu.

"Semoga semua upaya ini terus berlanjut dan memberikan manfaat besar bagi perekonomian nasional serta pelaku industri di Indonesia," tandas Sanny Iskandar.