Gelar Townhall Meeting, Bos HKI Beberkan Program Kemitraan untuk Bantu Industri Kecil Naik Kelas

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 21 September 2024 - 12:17 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), Sanny Iskandar didampingi oleh beberapa Dewan Pengurus membuat program kepedulian yang sangat strategis terhadap pengembangan Industri Kecil agar dapat naik kelas. Program ini dilaksanakan sebagai upaya antisipasi masuknya investasi khususnya pada sektor Industri Manufaktur kelas menengah dan besar yang ada di Kawasan–Kawasan Industri.

Hal tersebut disampaikan pada saat kegiatan acara Town Hall Meeting yang bertemakan “Pengembangan Klaster IKM Bagi Kawasan Industri” hari Kamis 19 September 2024 di Padalarang – Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan HKI sejalan dengan program pemerintah bahwa masuknya Investasi perlu memperhatikan pertumbuhan Industri Kecil.

"Pengembangan ekosistem ekonomi saat ini sedang mengarah pada era integrasi antara industri besar dan kecil. Sebagaimana kita ketahui bersama, IKM saat ini bukan lagi hanya berfungsi sebagai pelengkap, tetapi juga sebagai motor penggerak utama yang turut serta dalam pertumbuhan dan pemerataan ekonomi," kata Sanny. 

Menurut Sanny, pengembangan cluster IKM adalah langkah strategis untuk menciptakan sinergi antara industri besar dan kecil. "Melalui pembentukan cluster IKM, kita tidak hanya menciptakan sebuah jaringan yang saling mendukung tetapi juga membuka peluang-peluang baru yang dapat memperkuat daya saing dan inovasi," ujarnya.

Sanny menyampaikan bahwa HKI telah menggaungkan “Prospek Pengembangan IKM di Kawasan Industri” dalam Forum Investasi Dan Kawasan Industri (FIKI) Jawa Barat tahun lalu. 

"Pada kesempatan tersebut, kami sudah menjabarkan pola Ekosistem Kemitraan IKM Closed Loop yang merupakan sinergi antara IKM dengan berbagai stakeholder terkait dalam hal ini asosiasi sektoral, pengembang dan pengelola Kawasan Industri, pemerintah pusat dan daerah, juga lembaga keuangan, " ungkapnya. 

HKI menyebut kedepannya kegiatan diskusi interaktif seperti ini akan diselenggarakan secara bertahap di wilayah lain seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, Pulau Batam, Sumatra Utara dll dimana pertumbuhan Kawasan Industri nya berkembang dengan pesat. Saat ini pertumbuhan Kawasan Industri di Indonesia berjumlah 115 Kawasan Industri terasebar di 24 Provinsi.