Siloam Hospital Lippo Village Gelar Rangkaian Acara Untuk Dukung Penyintas Kanker

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 20 September 2024 - 17:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Tangerang – Siloam Hospital Lippo Village, bekerja sama dengan Pita Kasih dan Bhoelan, mengadakan acara bertajuk "Strength in Style: Empowering Survivors with Confidence". 

Acara yang berlangsung pada 19 September 2024 di Ballroom, Lantai 11 Siloam Hospitals Lippo Village, ini didedikasikan untuk mendukung para penyintas kanker melalui edukasi kesehatan dan workshop kecantikan serta fashion.

Acara ini menampilkan dua sesi health talk yang informatif dan relevan bagi penyintas kanker. Sesi pertama dibawakan oleh Dr. Bernard Agung B.S., Sp.B, K. Onk, dengan topik “Managing Side Effects of Cancer Treatment”. Dr. Bernard memberikan wawasan penting tentang cara mengelola efek samping dari pengobatan kanker, yang menjadi tantangan utama bagi para penyintas dan keluarganya.

"Dari sisi pasien harus menyadari bahwa kemoterapi untuk pengobatan. Dari situ dokter akan mensupport, prinsipnya dari sisi psikis pasien harus fokus untuk pengobatan. Jagan takut mengenai efek samping kemo, itu bisa diatasi dengan baik," kata dr. Bernard .

Sesi kedua diisi oleh Dr. Sweety Pribadi, SpBP, yang membahas “Enhancing Self-Confidence Through Reconstruction”. Dr. Sweety menjelaskan pentingnya bedah rekonstruktif dalam membantu penyintas kanker mengembalikan kepercayaan diri dan citra diri mereka. 

"Bedah rekonstruksi itu kebutuhan, bukan keinginan. Misalnya penyintas kanker payudara itu butuh direkonstruksi kembali agar bisa menumbuhkan kembali kepercayaan diri mereka," beber dr. Sweety.

Sesi ini menyoroti pemulihan fisik sekaligus emosional sebagai bagian penting dari proses penyembuhan.

Tidak hanya menyajikan edukasi medis, acara ini juga dilengkapi dengan workshop makeup dan fashion. 

Workshop ini, yang didukung oleh Bhoelan dan Pavettia, memberikan panduan praktis tentang personal styling dengan tema “Positivity with Adaptive Clothing”. Peserta mendapatkan tips dan saran tentang cara memilih pakaian adaptif yang memperkuat citra tubuh serta membantu mereka merasa lebih percaya diri.

Salah satu highlight acara adalah kehadiran Narda Virelia, 1st Runner-Up Miss Indonesia 2018 sekaligus pendiri brand Bhoelan. Narda berbagi wawasan tentang fashion, kecantikan, dan pemberdayaan, yang diharapkan dapat menginspirasi para penyintas untuk merangkul kekuatan mereka melalui gaya yang penuh percaya diri.

Acara “Strength in Style” bertujuan membangun komunitas yang mendukung dan memberdayakan penyintas kanker. Melalui kombinasi antara edukasi kesehatan dan workshop praktis, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan medis yang penting, tetapi juga keterampilan dalam menghadapi tantangan emosional dan fisik yang mereka hadapi sehari-hari.

Dengan acara ini, Siloam Hospital Lippo Village berharap dapat memberikan ruang bagi penyintas kanker untuk saling berbagi, belajar, dan merasa lebih kuat bersama dalam perjalanan mereka menuju pemulihan.