Di Townhall Meeting HKI, Kemenperin Dorong Pengelola Kawasan Industri Kembangkan Klaster IKM

Oleh : Candra Mata | Kamis, 19 September 2024 - 11:24 WIB

INDUSTRY.co.id - Parahyangan - Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Eko S.A. Cahyanto mengemukakan bahwa pihaknya akan terus mendorong penguatan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui pembentukan klaster IKM di dalam kawasan industri.

Hal ini menurutnya merupakan afirmasi dari keberadaan IKM sebagai bagian dari rantai pasok industri.

"Kami berharap sinergi dengan pengelola kawasan industri ini akan memperkuat ekosistem IKM melalui pengembangan sentra IKM sebagai rantai pasok industri," kata Eko dalam acara Townhall Meeting Himpunan Kawasan Industri (HKI) di Parahyangan, Jawa Barat, Kamis (19/9/2024).

Dikatakannya lebih lanjut, Kemenperin akan terus memberikan perhatian yang besar bagi upaya penguatan IKM.

"IKM ini sektor yang harus kita jaga, kita bantu, kita lindungi karena banyak UKM dan masyarakat yang terlibat didalamnya. Dan kami, pemerintah akan melakukan banyak hal, memberikan fasilitas, insentif untuk melindungi IKM," imbuhnya.

Selain itu, Eko berharap sinergi dengan HKI ini dapat terus menciptakan iklim usaha yang kondusif yang mampu mendorong investasi terus masuk ke tanah air.

"Kami berharap dengan sinergi dan penguatan ekosistem yang dilakukan oleh HKI ini bisa mendorong optimisme pelaku usaha lebih tinggi sehingga investasi terus masuk dan meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar menyampaikan apresiasi kepada Kemenperin yang telah memberikan dukungan kepada kawasan industri termasuk dalam pengembangan klaster IKM di dalam kawasan industri.

"Kami sampaikan terimakasih kepada Kemenperin yang terus memfasilitasi kami dengan berbagai dukungan kebijakan dan insentif. Dikawasan sendiri sudah banyak juga anggota HKI yang memiliki sentra IKM, seperti di kawasan industri Pulogadung dan kawasan industri Jababeka" ujar Sanny.

Melalui sinergi pengembangan sentra IKM ini, dirinya berharap industri kecil dapat menjadi penggerak ekonomi utama dalam hal pemerataan pembangunan ekonomi kedepan.

"Melalui kemitraan dan ekosistem yang kita miliki ini diharapkan akan memberikan dampak besar bagi upaya penguatan IKM. Dan melalui kemitraan ini juga akan bisa mengantispasi sekaligus menjaring investor yang masuk ke indonesia agar dapat membawa multiplier effect bagi IKM dan perekonomian nasional," pungkas Sanny.

Sebagai informasi, kegiatan Townhall Meeting HKI ini diikuti kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari para pemimpin perusahaan pengelola kawasan industri di area Jakarta, Banten dan Jawa Barat serta para mitra HKI seperti Bank BNI, Syslab dan Apindo. 

 

.