Ciptakan SDM Berwawasan Global, Menperin Agus Resmikan Gedung Baru SMK - SMAK Bogor

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 September 2024 - 14:57 WIB

INDUSTRY.co.id - Bogor - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan gedung dan fasilitas pendidikan baru SMK- SMAK Bogor. 

Gedung dan fasilitas pendidikan baru SMK - SMAK Bogor ini berdiri di atas lahan seluas 35.000 meter persegi (m2) dengan total luas bagunan mencapai 17.000 m2. 

"Saya merasa bangga dan bahagia dengan telah diselesaikannya pembangunan gedung pendidikan SMK-SMAK Bogor yang megah ini. Ini adalah momen penting yang tidak hanya menandai beroperasinya fasilitas pendidikan yang baru, tetapi juga menjadi simbol komitmen kita bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia," kata Menperin Agus saat meresmikan gedung pendidikan SMK - SMAK Bogor, Jawa Barat (18/9).

Menurutnya, gedung pendidikan baru ini merupakan bukti nyata dari upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam menyediakan fasilitas pendidikan vokasi yang layak dan berkualitas.

"Dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 1.600 siswa, gedung ini akan menjadi pusat pendidikan vokasi yang akan membentuk generasi penerus bangsa yang terampil, kompeten, dan siap menghadapi tantangan global," terangnya.

Menperin berharap gedung pendidikan baru ini tidak hanya memperkuat dan meningkatkan semangat sivitas akademika SMK SMAK Bogor, tetapi juga akan menginspirasi lahirnya berbagai gagasan dan inovasi yang akan memantapkan kiprah SMK - SMAK Bogor sebagai sekolah vokasi yang berkarakter dan berwawasan global.

Menperin Agus mengungkapkan bahwa pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan SMK SMAK Bogor ini merupakan investasi yang sangat berharga. 

"Dengan konsep gedung pendidikan yang hijau dan ramah lingkungan, serta fasilitas pendidikan yang lengkap, kita berharap siswa-siswa di SMK-SMAK Bogor tidak hanya mendapatkan pendidikan yang berkualitas, namun juga menjadikan lulusan SMK SMAK Bogor sebagai tenaga kerja yang berkarakter dan berwawasan global sehingga akan terus berdaya saing di dunia kerja yang semakin kompetitif," papar Menperin Agus.

Dikesempatan yang sama, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan mengatakan, gedung pendidikan yang baru ini dibangun untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang lebih modern dan nyaman bagi siswa maupun tenaga pendidik, dengan kapasitas daya tampung dan fasilitas ruang belajar yang lebih baik.

"Dengan adanya gedung pendidikan yang baru ini, diharapkan SMK-SMAK Bogor dapat memasok kebutuhan tenaga kerja terampil yang kompeten dan siap kerja ke semakin banyak industri yang membutuhkan," terang Masrokhan.

Melalui peresmian gedung pendidikan yang baru ini, digarapkan SMK-SMAK Bogor dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif terhadap dunia pendidikan vokasi. 

"Kami berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh entitas sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan vokasi yang lebih baik," tutupnya.