Perpusnas Gelar Lomba Bertutur Nasional 2024

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 18 September 2024 - 07:39 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) kembali menggelar Lomba Bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nasional 2024. 

Acara yang dilangsungkan pada Selasa, 17 September 2024, ini menjadi momentum penting dalam pelestarian budaya lokal. Sebagai bagian dari upaya menumbuhkan kegemaran membaca serta mengenalkan budaya daerah melalui cerita. 

"Budaya daerah, jika tidak dikenali sejak dini dan dilestarikan, suatu saat akan hilang," ujar Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Adin Bondar, dalam pembukaan acara tersebut. 

Lomba Bertutur dinilai sebagai salah satu cara efektif untuk memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada generasi muda sekaligus menumbuhkan semangat membaca di kalangan anak-anak.

Melalui kegiatan ini, Perpusnas berupaya menghidupkan kembali nilai-nilai kearifan lokal melalui cerita rakyat. Harapannya, Indonesia dapat memiliki generasi masa depan yang mencintai Tanah Air serta budayanya.

Finalis Lomba Bertutur tingkat Nasional 2024 merupakan para pemenang dari tingkat provinsi yang sebelumnya mengikuti seleksi berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Tahun ini, sebanyak 30 finalis akan bersaing menunjukkan kemampuan bercerita di hadapan para juri.

Pedongeng sekaligus juri, Kak Awam Prakoso, memberikan pesan kepada para peserta agar tetap percaya diri saat tampil di atas panggung. 

“Namun, rasa percaya diri yang berlebihan justru bisa menjadi bumerang bagi peserta,” tambahnya, mengingatkan.

Pemenang Lomba Bertutur akan mendapatkan kesempatan tampil dalam acara malam apresiasi Gemilang Perpustakaan 2024, sebagai bentuk penghargaan atas prestasi mereka dalam menghidupkan kembali cerita rakyat dan budaya lokal.