Libas Pesaingnya, Wuling BinguoEV Jadi Mobil Listrik Terlaris

Oleh : Ridwan | Selasa, 17 September 2024 - 15:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah mengeluarkan data penjualan mobil periode Januari-Agustus 2024.

Dalam laporannya, Wuling BinguoEV mampu masuk dalam daftar mobil listrik terlaris selama delapan bulan pertama tahun ini.

BinguoEV mampu menorehkan penjualan secara wholesales (dari pabrik ke dealer) sebanyak 3.876 unit. Torehan ini membuat BinguoEV berhasil mengalahkan para pendatang baru di pasar otomotif Indonesia.

Laporan wholesales Gaikindo ini menunjukkan bahwa penjualan Wuling BinguoEV mengungguli pesaing-pesaingnya, termasuk Omoda E5 yang terjual sebanyak 3.485 unit, dan BYD Seal yang mencatat penjualan 3.240 unit selama periode yang sama.

Jumlah penjualan tersebut dikalkulasikan dari dua tipe, yakni BinguoEV 410 km DC dan 333 km DC. 

Varian pertama mampu menorehkan penjualan wholesales sebanyak 2.257 unit selama Januari-Agustus 2024. Sedangkan sisanya dicatatkan oleh varian 333 km DC.

Capaian tersebut tak terlepas dari desain yang disematkan di Wuling BinguoEV. 

Tampilan luarnya disebut cocok untuk anak muda yang gemar melakukan perjalanan di dalam kota.

Itu bisa dilihat dari lampu utama LED X-Shaped dan grille bergaya Diamond Corrugate. 

Lalu bodi sampingnya mengusung desain Flowing Water Body Curve dan Water Splash Wheel Cap. Sementara bagian belakangnya dilengkapi X-Shaped LED Tail Light dan Streamline Ducktail.

Tak hanya itu, kelegaan interior Wuling BinguoEV juga menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen Tanah Air. Keunggulan ini mampu memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, baik di baris depan maupun belakang. Selain tampilan, BinguoEV juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan, termasuk Safety Protection. 

Fitur tersebut meliputi 2 Airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, Traction Control, Rear Wheel Antilock, Emergency Stop Signal, Sound Module for Pedestrian Warning, Rear Parking Sensor & Camera, Creeping Function, dan Cruise Control.

Bicara spesifikasinya, Wuling Binguo EV dipersenjatai baterai 31,9 kWh dan 37,9 kWh dengan daya jangkauan mencapai 333 km hingga 410 km. 

Menggunakan Battery Lithium Ferro-phosphate IP67 certified, Wuling BinguoEV bisa mengeluarkan tenaga sebesar 50 kW dan torsi 150 Nm untuk varian 333 km. Sedangkan tipe 410 km, torsi puncaknya hanya sebesar 125 Nm. Mobil listrik ini menggunakan sistem Single Reduction Gear Transmission.

Tak hanya tampilan dan fitur, konsumen juga bisa mendapatkan keuntungan lain. Salah satunya adalah bebas ganjil genap dan garansi baterai. 

Nantinya pelanggan mendapatkan garansi seumur hidup pada tiga komponen utama, yakni Power Battery, Drive Motor dan Motor Control Unit.

Pembeli Wuling BinguoEV juga akan mendapatkan free charging device 7kW AC. Khusus tipe Long Range dan Premium. 

Selanjutnya, ada juga extensive free maintenance yang menawarkan gratis biaya jasa dan suku cadang sebanyak 16 kali perawatan berkala sesuai buku servis yang bisa dilakukan di 150 dealership Wuling di seluruh Indonesia.

Perawatan BinguoEV ini berlaku hingga 15,5 tahun atau 155.000 km (mana yang tercapai lebih dulu).

BinguoEV hadir di pasar otomotif Indonesia dengan tiga tipe, yakni Long Range AC yang dijual Rp 317 jutaan, Long Range AC-DC Rp 326 jutaan, dan Premium Range Rp 372 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk pemberian insentif PPN dari pemerintah.