CleverTap Luncurkan Product Experiences untuk Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna Aplikasi dan Web

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 September 2024 - 17:48 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – CleverTap, platform all-in-one engagement hari ini mengumumkan peluncuran Product Experiences – one-stop solution untuk bereksperimen dengan mudah dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh web dan aplikasi untuk membantu memaksimalkan nilai seumur hidup. 

Dengan pendekatan no-code, UI yang ramah pengguna, dan kemampuan dan analitik segmentasi tingkat lanjut, Product Experiences memungkinkan manajer produk dan pertumbuhan mempersonalisasi serta mengoptimalkan pengalaman pengguna aplikasi dan situs web dengan mudah.

Di lanskap aplikasi yang kompetitif saat ini, bagi bisnis pertaruhannya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Dengan fakta bahwa 50% pengguna menghapus satu aplikasi dalam 30 hari dan 25% mengabaikannya hanya setelah satu kali penggunaan, brand menghadapi tekanan untuk menyediakan pengalaman pengguna yang lebih terpersonalisasi. 

Setiap ada masalah pengalaman pengguna, ada risiko diabaikan dengan cepat mengingat saat ini pengguna dengan mudah pindah ke alternatif lain. Menurut riset yang dilakukan McKinsey, drop-off sebesar 70% yang mengejutkan ini disebabkan oleh pengalaman penggunaan aplikasi yang di bawah rata-rata, sementara 76% pelanggan merasa frustasi saat brand gagal menyediakan interaksi yang lebih personal.

Di sinilah CleverTap Product Experiences hadir untuk menjawab tantangan yang sangat penting ini. Ia akan memberdayakan manajer produk dan tim perkembangan untuk bereksperimen dengan mudah dan membuat perubahan dalam desain, fungsi, dan alur kerja aplikasi dengan ketergantungan teknis yang minimal – baik itu melakukan pengujian A/B, varian alur add-to-chart, memperbarui banner, menunjukkan pemberian harga yang dinamis, dan konten lain. 

Termasuk mendemokratisasi manajemen pengalaman aplikasi dan web dengan memungkinkan tim perkembangan mengelola monetisasi dan personalisasi di dalam aplikasi secara mandiri tanpa update tambahan di aplikasi. Hal ini akan mendorong efisiensi operasional, memastikan bisnis Anda tetap lincah dan responsif terhadap permintaan pasar.

Komponen utama dari Product Experience di antaranya adalah Remote Config dan Product A/B Testing. Remote Config memudahkan marketer dan manajer produk memetakan fungsi aplikasi dan web untuk menghasilkan interface Remote Config yang lebih ramah pengguna sehingga bisa dikontrol dan dipersonalisasi dengan lebih lancar untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Mereka dapat membuat segmen yang tepat dengan zero-code dan mengesampingkan nilai variabel untuk merancang pengalaman yang sesuai bagi audiens tertentu secara langsung dari dasbor CleverTap.

Dengan Product A/B Tests, marketer bisa mengatur eksperimen dengan sejumlah varian terkait dengan UI, fungsi dan alur kerja. Melalui pengukuran hasil yang presisi berdasarkan key performance indicators (KPIs), bisnis bisa menganalisa performa dengan analitik yang mendetail dan menjalankan versi yang paling berhasil bagi basis pengguna mereka.

“Bisnis terus berusaha keras merilis fitur dan update baru untuk kepentingan pengguna akhir mereka. Update aplikasi yang membawa perubahan ini seringkali adalah hasil dari proses yang kompleks, memakan waktu, dan membutuhkan sumber daya yang besar. Siklus perilisan aplikasi tidak cukup skalabel, hemat biaya, atau cukup lincah untuk merespons permintaan pasar dan menyesuaikan dengan lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, " kata Anand Jain, Co-Founder dan Chief Product Officer, CleverTap di Jakarta, Senin (9/9/2024). 

"Product Experience menjawab berbagai pain point di industri ini dengan memberdayakan bisnis untuk mengontrol pengalaman aplikasi dan web mereka dengan ketergantungan teknis minimum. Kemampuan uniknya menawarkan pelanggan CleverTap all-in-one solution yang mendefinisikan kembali manajemen dan performa campaign serta manajemen pengalaman aplikasi dan web, terbukti menjadi platform yang lengkap untuk kesuksesan digital engagement di masa depan, " imbuhnya. 

Sebagai informasi, CleverTap adalah platform engagement all-in-one yang membantu brand membuka customer lifetime value yang tak terbatas. CleverTap dipercaya oleh lebih dari 2.000 brand seperti Domino’s, Levis, Jio, Papa John’s, Zomato, Kotak Bank, Air Asia, Carousell, TD Bank, dan Tesco untuk membantu membangun pengalaman yang terpersonalisasi untuk semua pelanggan mereka. 

Platform ini didukung oleh TesseractDB™ database pertama di dunia yang dibuat khusus untuk customer engagement, menawarkan kecepatan dan penghematan biaya.

Didukung oleh investor terdepan seperti Accel, Peak XV Partners, Tiger Global, CDPQ, dan 360 One, perusahaan CleverTap berkantor pusat di San Francisco, dengan kantor cabang di Seattle, London, São Paulo, Bogota,  Mexico, Amsterdam, Sofia, Dubai, Mumbai, Bangalore, Singapura, Vietnam dan Jakarta.