Kokoh, Indocement Raih 29,4% Pangsa Pasar di H1 2024
INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) membukukan volume penjualan (semen dan clinker) secara keseluruhan sebesar 9.032 ribu ton pada H1 2024, lebih tinggi +672 ribu ton atau +8,0% dibandingkan H1 tahun lalu. Secara keseluruhan volume penjualan semen domestik tercatat sebesar 8.869 ribu ton, lebih tinggi +808 ribu ton atau +10,0% terutama dari tambahan volume PT Semen Grobogan.
Hal ini mengakibatkan pangsa pasar domestik (semen saja, mengacu pada data Asosiasi Semen Indonesia/ASI) menjadi 29,4% dengan Jawa 37,7% dan luar Jawa 20,5%.
Secara keseluruhan penjualan ekspor sebesar 163 ribu ton. Pendapatan Neto Perseroan sebesar Rp8.124,7 miliar, naik +1,9%. Terjadi peningkatan signifikan pada komposisi produk semen curah dari 25,4% pada H1 tahun lalu menjadi 30,6% pada H1 2024 dampak dari peningkatan pasokan ke ibu kota baru dan percepatan proyek infrastruktur lainnya. Volume fighting brand yang lebih tinggi juga berdampak pada harga konsolidasi secara keseluruhan.
Beban Pokok Pendapatan meningkat menjadi -Rp5.826,4 miliar, lebih tinggi +5,2% menyusul volume penjualan yang lebih tinggi. Hal ini menghasilkan margin Laba Bruto sebesar 28,3% untuk H1 2024. Beban Usaha yang lebih tinggi sebesar +8,8% menjadi -Rp1.735,0 miliar berasal dari volume penjualan yang lebih tinggi dan biaya lainnya dari perluasan operasi (Grobogan). Beban Operasi Lain - Neto yang lebih tinggi sebesar Rp12,4 miliar, lebih tinggi +242,3% disebabkan oleh keuntungan valas pada H1 2024 dibandingkan kerugian valas pada H1 tahun lalu, termasuk beberapa penjualan scrap tahun ini.
Hal ini mengakibatkan margin Laba Usaha sebesar 7,1% dan EBITDA sebesar 16,4% untuk H1 2024. Pendapatan Keuangan - Neto yang lebih rendah sebesar -Rp45,4 miliar atau -203,2% disebabkan oleh beban bunga dari utang yang dikeluarkan untuk akuisisi PT Semen Grobogan. Beban Pajak Penghasilan - Neto turun menjadi -Rp108,5 miliar atau lebih rendah -41,2% karena laba yang lebih rendah.
Terakhir, dari angka-angka di atas, Laba Periode berjalan adalah sebesar Rp434,7 miliar untuk H1 2024.
Mempertahankan Neraca yang Kuat Indocement membukukan posisi kas bersih dengan Kas dan Setara Kas sebesar Rp1,8 triliun hingga 30 Juni 2024.
Menantikan Peningkatan Permintaan di Semester 2 2024 Daya beli masyarakat yang lemah dapat terus menekan permintaan terhadap produk semen kantong termasuk dampak dari pemilihan umum daerah pada November, namun, musim kemarau dan lebih sedikit hari libur pada Semester 2 akan berdampak positif terhadap keseluruhan aktivitas konstruksi.
Produk semen curah diperkirakan akan terus tumbuh dari pembangunan ibu kota baru dan percepatan proyek infrastruktur utama saat ini. Kami mempertahankan pandangan optimis untuk industri semen pada Semester 2 dan memperkirakan volume akan tumbuh 2%–3% untuk keseluruhan tahun 2024.
Hut Ke-49, Indocement Berbagi Kebahagiaan Melalui Program Indocement Baik PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) merayakan hari jadinya yang ke-49 pada 4 Agustus 2024. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah Growing for Stronger Greener Future.
Tagline ini memiliki dua kata penting yaitu Growing dan Greener, kata Growing mencerminkan sejumlah langkah besar yang telah diambil Indocement untuk memperkuat posisi kepemimpinannya pada industri semen nasional di beberapa tahun terakhir ini sedangkan kata Greener sejalan dengan komitmen keberlanjutan Indocement untuk menciptakan operasional yang lebih ramah lingkungan.
Beragam acara dilakukan untuk memperingati HUT ke-49 Indocement, salah satunya adalah pelaksanaan program Indocement Baik. Program ini dimaksudkan untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitar daerah operasional Indocement.
Kompleks Pabrik Citeureup melaksanakan program One Book One Employee sebuah program pengumpulan buku edukasi untuk disumbangkan kepada sekolah di desa mitra selain itu, Indocement juga mengajak karyawan untuk menjalankan voluntary teaching ke SMK Tunggal Prakarsa. Indocement juga menyelenggarakan turnamen sepak bola antara SSB mitra Indocement sebagai salah satu bentuk dukungan pengembangan olahraga sepak bola.
Karyawan-karyawan dari Kompleks Pabrik Cirebon menyelenggarakan kegiatan Sedekah Sampah dan kegiatan berbagi dengan memberikan donasi, bantuan paket pendidikan serta mengajak makan anak[1]anak yatim yang diasuh oleh beberapa lembaga pendidikan, panti asuhan, yayasan, dan desa mitra.
Selain itu, Indocement Cirebon juga berbagi ilmu melalui program Indocement Ajar, beragam topik dibahas dan diunduh ke akun Youtube Santap Ilmu sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya.
Di Kompleks Pabrik Tarjun, karyawan memberikan donasi dan bantuan paket pendidikan kepada anak[1]anak yatim yang berada di desa mitra serta memberikan bantuan paket makanan tambahan untuk 1.000 murid sekolah dasar di desa mitra. Indocement Tarjun juga melaksakan program employee volunteering melalui kegiatan gotong royong memperbaiki dan merenovasi balai pertemuan warga di Dusun Simpang Tiga Quarry, satu hari mengasuh anak didik Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kotabaru, pelaksanaan program edukasi dan sosialisasi pembuatan kompos di SMAN 1 Kelumpang Selatan serta edukasi mangrove untuk 100 pelajar SMP dan SMA dari desa mitra. Meneruskan tradisi di HUT sebelumnya, pada HUT ke-49, Indocement menyelenggarakan Pekan Olah Raga dan Seni di seluruh wilayah operasional yang diikuti oleh seluruh karyawan.
Pada HUT Indocement ke-49 ini, Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya juga meresmikan Arena 3Roda. Arena ini dulunya bernama sporthall yang digunakan karyawan Kompleks Pabrik Citeureup sebagai tempat melakukan berbagai kegiatan olahraga. Tahun ini arena ini sudah direnovasi untuk memenuhi standar fasilitas olahraga yang lebih baik.
Acara puncak perayaan HUT ke-49 Indocement dilaksanakan di tiga lokasi secara bersamaan, yaitu di Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun.
Dalam sambutannya, Direktur Utama Indocement, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada karyawan, “Terima kasih kepada seluruh karyawan Indocement yang tetap semangat berkarya, mari terus memupuk semangat kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, serta menjaga sinergitas sehingga setiap kendala dapat segera diatasi dan setiap peluang dapat dimanfaatkan secara optimal!”.
Indocement adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yang memproduksi Semen Tiga Roda, Semen Rajawali, Mortar Tiga Roda, dan Semen Grobogan. Saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen (sebagai usaha inti) dan beton siap-pakai, serta tambang agregat dan trass, dengan jumlah karyawan sekitar 4.400 orang. Indocement mengoperasikan 14 pabrik milik sendiri serta dua pabrik dan satu grinding mill dengan sistem sewa dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 33,5 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan; satu pabrik di Grobogan, Jawa Tengah; dua pabrik di Maros, Sulawesi Selatan, dan satu grinding mill di Banyuwangi, Jawa Timur. Pada 2022, Indocement telah mengoperasikan Pabrik Maros setelah menandatangani Perjanjian Sewa Pakai Aset dengan PT Semen Bosowa Maros dan PT Bosowa Corporindo. Heidelberg Materials AG telah menjadi pemegang saham mayoritas Indocement sejak 2001.