Pusat R&D Coway Diakui Sebagai Laboratorium of Excellence untuk Pengujian Air Minum

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 03 Agustus 2024 - 00:09 WIB

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan - Pada 24 Juni 2024 lalu, Coway mengumumkan bahwa Pusat R&D-nya yang berbasis di Seoul, Environmental Technology Research Institute, telah diakui atas keahlian teknis dengan memperoleh peringkat tertinggi dalam pengujian Water Supply for Drinking Water.

Pengujian Profisiensi (Proficiency Testing) adalah program penilaian internasional yang mengevaluasi kinerja analitis laboratorium pada sampel dengan konsentrasi lingkungan yang signifikan. 

Coway telah berpartisipasi skema Pengujian Profisiensi penyediaan air Minum oleh ERA, perusahaan yang menetapkan standar global untuk Certified Reference Materials (CRMs) bagi ribuan laboratorium di seluruh dunia lintas industri.

Selagi berpartisipasi dalam pengujian tersebut, Coway Environmental Technology Research Institute memenuhi kriteria evaluasi di seluruh kategori sehingga dinyatakan sebagai “Laboratorium of Excellence” yang bersertifikat.

Coway menerima nilai tertinggi, “Memuaskan,” pada semua 18 kategori evaluasi kinerja. Tujuh belas di antaranya terkait dengan air minum, termasuk pengujian untuk logam berat, zat organik, dan material ion. Kategori tambahan lainnya untuk emisi bahan matras.

Evaluasi ini menandai tahun ke-17 berturut-turut bagi Coway Environmental Technology Research Institute untuk diakui secara internasional karena memenuhi persyaratan dalam pengujian kinerja kemampuan analisis kualitas airnya, mencetak rekor industri.

Sejak menjadi lembaga inspeksi kualitas air minum pertama di industri pemurnian air yang diakreditasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan pada tahun 2008, kemampuan pengujian dan analisis Coway Environmental Technology Research Institute telah diverifikasi setiap tahun oleh badan sertifikasi eksternal. 

Laboratorium ini telah disetujui sebagai laboratorium pengujian yang ditunjuk oleh TÜV SÜD, Technical Service Provider (TSP) oleh Water Quality Association (WQA), dan laboratorium pengujian internasional dengan akreditasi dari KOLAS (Korea Laboratory Accreditation Scheme). Kemampuan analisis kualitas air kelas dunia memungkinkan laboratorium ini untuk menerbitkan sekitar 20.000 laporan pengujian setiap tahun.