Jokowi Minta Maaf ke Rakyat: Saya Tidak Sempurna, Saya Manusia Biasa...

Oleh : Candra Mata | Jumat, 02 Agustus 2024 - 08:28 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wurry Ma’ruf Amin menghadiri acara Zikir dan Doa Kebangsaan yang digelar di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (01/08/2024). 

Acara ini merupakan kegiatan pembuka rangkaian Bulan Kemerdekaan dalam rangka menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan sejumlah pesan penting terkait tantangan yang dihadapi dunia saat ini.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu dalam menghadapi berbagai tantangan global serta berbagai macam ancaman krisis yang timbul di masa depan. 

Menurutnya, hanya dengan persatuan  Indonesia mampu menghadapi setiap persoalan dan berbagai tantangan yang terus bermunculan.

Kemudian, dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga mengemukakan permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia di seluruh tanah air, atas segala kesalahan dan kekhilafan saat menjalankan amanah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

“Kami sangat menyadari bahwa sebagai manusia kami tidak mungkin dapat menyenangkan semua pihak. Kami juga tidak mungkin dapat memenuhi harapan semua pihak," ujar Presiden Jokowi.

"Saya tidak sempurna, saya manusia biasa, kesempurnaan itu hanya milik Allah Subhanahu wa ta’ala,” sambungnya.

Jokowi pun mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar senantiasa diberikan kemudahan dalam mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan makmur.

“Saya mengajak kepada kita semuanya yang hadir untuk berdoa bersama memohon pertolongan Allah Subhanahu wa ta’ala agar kita diberikan kemudahan untuknya meraih cita-cita bangsa yang maju, bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” tandasnya.