Melatih Teknisi Berharap Pemerataan Internet Hingga Ke Pelosok

Oleh : Wiyanto | Jumat, 26 Juli 2024 - 13:54 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Vol.tech menggelar pelatihan bagi teknisi lokal untuk memberikan pemerataan akses internet di tempat terpencil.

Pada tanggal 23-24 Juli bertempat di Hotel Aston Kartika Grogol, terselenggara Workshop Creative and Ideal FTTH Design : Innovations in Fiber Optic Network sebagai hasil kolaborasi Vol.Tech dengan IDNOG.

Pelatihan ini membahas seputar dasar-dasar fiber optic dan inovasi dalam desain fiber to the home (FTTH). Para peserta diajarkan bagaimana merancang jaringan FTTH yang efisien dan optimal, dengan fokus pada pendekatan kreatif dan solusi ideal untuk berbagai tantangan ketika berada di lapangan.

Praja Saputra selaku RnD dan Project Specialist Vol.tech menjelaskan bahwa materi akan mencakup tren teknologi fiber optic terkini, perencanaan jaringan, dan strategi implementasi untuk mencapai kinerja dan keandalan yang maksimal.

“Berawal dari training fiber optic dan FTTH rutin kami yang mendapat sambutan hangat dari para peserta dan selalu full kuota, hal ini mendapat perhatian dari IDNOG yang juga merupakan wadah berkumpulnya network operator di Indonesia, dan berujung kami diajak untuk turut ambil bagian pada workshop IDNOG kali ini” tutur Praja Saputra yang juga ikut turun langsung sebagai pengajar materi.

Kedepannya Vol.tech juga telah menyiapkan materi seputar teknologi hybrid untuk FTTR dan wireless optical. Melalui adanya edukasi program semacam ini, Vol.tech berupaya menciptakan ekosistem digital yang kondusif, tak hanya berinovasi sebagai access point produk dalam negeri yang mumpuni, namun juga meningkatkan kualitas para teknisi.