Bappenas Gelar Kompetisi Maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka, Total Hadiah Capai Rp100 Juta

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Juli 2024 - 14:43 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian PPN/Bappenas menggelar Kompetisi Maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka. Kompetisi yang terbuka untuk umum ini sebagai bentuk persiapan Indonesia berpartisipasi dalam ajang World Expo 2025 Osaka.

Melalui kompetisi ini, Indonesia berharap dapat memiliki maskot yang tidak hanya sebagai ikon promosi Indonesia di ajang World Expo 2025 Osaka, tetapi juga sebagai nation branding.

"Maskot yang terpilih akan menjadi aset penting dalam upaya kami memperkenalkan Indonesia kepada dunia. Untuk itu, kami mengajak generasi muda untuk berpartisipasi dan bersama-sama membentuk citra positif Indonesia di kancah internasional," ungkal Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas, Vivi Yulaswati di Jakarta (23/7).

Kementerian PPN/Bappenas telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp100 juta untuk 10 orang peserta terbaik. 

Kementerian PPN/Bappenas juga menggandeng sejumlah pihak untuk menjadi dewan juri yaitu, spesialis merek dan desain, perwakilan pemerintah, serta masyarakat. Upaya ini dilakukan untuk menjaga objektivitas. 

Nantinya, kompetisi dibagi dalam 3 tahap, dan setiap tahap akan dinilai pakar desain dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI), dan Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF). 

Pada seleksi tahap pertama, tim juri akan menentukan 10 peserta terbaik dan mereka yang terpilih akan diundang untuk menerima penjelasan terkait proses pengerjaan maskot Indonesia dalam World Expo 2025 Osaka.

"Peserta terpilih juga akan mendapatkan asistensi dari mentor selama dua minggu dengan total empat sesi asistensi," jelas Vivi.

Setelah itu, para peserta diwajibkan mengirimkan desain terbaiknya untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Pada tahap ini, juri dari spesialis merek dan desain akan menilai dan memilih lima desain terbaik untuk maju ke tahap akhir.

Nantinya, penjurian akan dilakukan secara luring dengan bobot penilaian 50% dari aspek desain dan 50% dari aspek merek.

"Dan pada tahap terakhir, satu dari lima desain terbaik akan dipilih menjadi pemenang melalui mekanisme voting perwakilan pemerintah dan masyarakat," katanya.

Kompetisi maskot resmi dibuka hingga 27 Juli 2024 dengan mengirimkan portofolio desain dan data diri melalui tautan link.bappenas.go.id/MascotCompetition. 

“Kompetisi ini tidak hanya bertujuan untuk mencari maskot yang mewakili Indonesia di World Expo 2025 Osaka, tetapi juga sebagai ajang untuk meningkatkan keterlibatan dan kreativitas anak muda dalam membangun identitas bangsa, serta mendorong perkembangan ekonomi kreatif Indonesia,” tutup Vivi.