Ajinomoto Rayakan 55 Tahun Hadirkan Dampak Positif Bagi Indonesia

Oleh : Nina Karlita | Senin, 22 Juli 2024 - 16:08 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hadir di Indonesia sejak Juli 1969, Grup Ajinomoto Indonesia saat ini terdiri dari 3 perusahaan yakni PT AJINOMOTO INDONESIA, PT AJINOMOTO SALES INDONESIA, PT AJINEX INTERNATIONAL. 

Berawal dari penelitian yang dilakukan oleh Dr Kikunae Ikeda di Jepang lebih dari seabad silam dengan mengekstrak kombu (rumput laut). Dalam penelitian tersebut, Ikeda menemukan rasa lain selain rasa manis, pahit, asam dan asin, yaitu rasa umami. 

Umami berasal dari Asam Glutamat (sejenis Asam Amino) memiliki fungsi salah satunya dalam menjalankan proses metabolisme seperti pembentukan protein dalam tubuh. Grup Ajinomoto telah meneliti dan menerapkan fungsi asam amino selama lebih dari 100 tahun melalui pendekatan ilmiah yang disebut sebagai “AminoScience”.

Telah hadir selama 55 tahun, Ajinomoto terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai lini produk. Didukung oleh lebih dari 3500 tenaga ahli dan berpengalaman yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Grup Ajinomoto Indonesia membantu masyarakat menciptakan makanan yang lezat dan bergizi sehingga dapat mendukung penerapan gaya hidup sehat. 

Selain produk bumbu masak yang sudah familiar seperti MSG AJI-NO-MOTO, Masako, SAORI, Sajiku, Mayumi, Ajinomoto menghadirkan produk terbarunya: Ajinomoto Terasi Udang Bubuk, Ajinomoto Gyoza, dan aminoVITAL. 

Selain produk retail, Ajinomoto juga memiliki produk-produk yang dapat mencukupi kebutuhan industri kuliner, seperti: DASHIPLUS, GARLICOPLUS, MEATUPPLUS. NIKUPLUS, KALDOPLUS, AJINOMOTO Chicken & Beef Powder juga dihadirkan guna memenuhi kebutuhan hotel, restoran, dan katering.

"Lewat slogan global Ajinomoto Eat Well, Live Well, Ajinomoto memiliki tujuan untuk terus berupaya memberikan kontribusi besar dalam memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat Indonesia, sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan,”, ujar Naoto Minemura - Presiden Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA.

55 tahun setia menemani keluarga Indonesia, Ajinomoto selalu berkomitmen menghadirkan produk yang berkualitas dan terjamin halal. Hal ini dibuktikan dengan prestasi Ajinomoto dalam mendapatkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan LPPOM, serta terus menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di semua pabriknya, dan Ajinomoto berhasil mempertahankan sertifikat SJH yang diterbitkan oleh LPPOM. 

Ajinomoto berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), dan menjalankan program SLP (School Lunch Program) yang dilaksanakan di beberapa pesantren sejak tahun 2018. Melalui program tersebut, didapatkan hasil yang positif dengan adanya penurunan angka anemia santri sebesar 20%, peningkatan asupan gizi 20%, peningkatan pengetahuan gizi sebesar 50%. 

Tak hanya anak-anak usia sekolah, Ajinomoto juga peduli dengan lansia melalui Elderly Program. Inisiasi yang pada tahun 2021, dimulai dengan dilakukannya penelitian untuk mengetahui apakah pemberian program makanan dengan gizi seimbang, tinggi protein, tetapi rendah garam, gula dan lemak namun lezat, dapat memperbaiki status gizi pada lansia yang berujung pada peningkatan kualitas hidup mereka. 

Menu rendah garam yang diberikan kepada lansia melalui program tersebut terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada lansia, yaitu SBP (Systolic) dan DPB (Diastolic). Hasil baik dari penelitian ini kemudian dijadikan acuan untuk menyebarluaskan Elderly Program kepada panti werdha lainnya dan masyarakat.

Ajinomoto juga berkontribusi dalam memperbaiki permasalahan lingkungan seperti kualitas udara yang kurang baik, dan pengelolaan sampah plastik. Salah satu upaya mengurangi pencemaran lingkungan hingga ke titik nol (Zero Waste) dilakukan di Pabrik Ajinomoto dengan meningkatkan efisiensi produksi dari hulu hingga hilir pada proses produksi yang ada.