Tol Cibitung – Cilincing Tersambung Tol Cimanggis – Cibitung di JORR 2

Oleh : Wiyanto | Rabu, 10 Juli 2024 - 18:23 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis – Cibitung (Cimaci) Seksi 2B, Segmen Cikeas – Cibitung pada Selasa, 09 Juli 2024. PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCTW) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Cimaci menyampaikan bahwa jalan toll Cimaci akan beroperasi penuh mulai hari Rabu, 10 Juli 2024 pukul 06.00 WIB.

“Alhamdulillah keseluruhan JORR-2 sudah tersambung penuh, semakin menambah aksesibilitas pergerakan orang dan barang dan tuntasnya pembangunan jaringan jalan tol Jabodetabek yang terdiri dari Jalan Tol Dalam Kota, JORR-1 dan JORR-2 serta beberapa ruas tol radial serta kelancaran koneksi dengan tol Jakarta Cikampek menuju Tol Trans Jawa” ujar Direktur Utama PT CTP Tollways, Bapak Ari Sunaryono.

Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC) dan Cimaci adalah bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2), yang dimulai dari ruas Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) yang mulai beroperasi pada 27 Januari 2012. JTCC Seksi 1 hingga 4 beroperasi sejak 01 April 2023, dan Cimaci Seksi 2B menjadi kepingan terakhir JORR 2 yang beroperasi. Sebagai pertanda, bahwa JORR 2 sudah tersambung seluruhnya dari Barat hingga ke Timur.

Dengan dibukanya Simpang Susun Setu Utara Cimaci, akan memudahkan kendaraan dari dan menuju Kawasan Industri MM2100 Cibitung, baik untuk kendaraan umum terutama untuk kendaraan logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok (dan sebaliknya) sepenuhnya melalui jalan tol sehingga akan memperlancar arus logistik.

“Setu Utara menjadi titik penting bagi arus kendaraan logistik dari MM2100 yang akan menggunakan JTCC menuju Pelabuhan Tanjung Priok,” tutup beliau.