Aqua dan NU Gelar Seminar Strategi Dakwah Bersama Prof. Nadirsyah Hosen

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Juli 2024 - 17:14 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Danone Indonesia, yang dikenal sebagai produsen air minum Aqua, berkolaborasi dengan Badan otonom Nahdlatul Ulama, Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) menyelenggarakan Multaqo Nasional Ulama Al-Qur’an pada 26-28 Juni 2024. 

"Dalam misi ini kami tidak bersikap inklusif karena ini penting bagi masyarakat banyak, sehingga kami akan bekerjasama dengan siapapun selama ini baik," kata Ketua Umum JQHNU, KH Saifullah Ma'shum, dalam keterangannya. 

Acara ini bertujuan besar untuk mengurangi buta huruf Al-Qur’an dan meningkatkan kesadaran untuk mengkaji dan melestarikan kitab suci. 

Selain acara tersebut, Aqua dan NU juga menggelar seminar dengan menghadirkan Prof. Nadirsyah Hosen dan KH Musta’in Syafi’i sebagai pembicara. Nama Prof. Nadirsyah sempat ramai beberapa waktu lalu, karena protes dirinya terkait pencatutan namanya tanpa izin dalam sebuah artikel terkait brand berjudul “Kecam Agresi Israel, Aqua Gelar Aksi Nyata Dukung Palestina” katanya. 

Masalah tersebut kini telah diselesaikan oleh ketiga belah pihak, dan artikel terkait telah dihapus.

Seminar kali ini membahas strategi dakwah Al-Qur’an menggunakan media sosial. KH Saifullah menekankan perlunya kerja sama dengan berbagai pihak untuk kesejahteraan masyarakat. Menurut KH Saifullah, kolaborasi tidak perlu memandang motif politik atau hal-hal lain selama demi kepentingan publik.

Sekretaris Umum JQHNU, Muhammad Ulinnuha, menyampaikan terima kasih atas dukungan Aqua dan berharap kolaborasi ini dapat membawa keberkahan bagi semua. "Insyaallah mudah-mudahan dicatat sebagai manusia-manusia yang dekat dengan Al-Qur’anul Karim dan kita berharap semua mendapat keberkahan," katanya.

Multaqo Nasional Ulama Al-Qur’an merupakan agenda penting JQHNU yang mengkonsolidasikan ulama Al-Qur’an untuk merumuskan berbagai persoalan dan tantangan. Acara ini juga mencakup sidang pleno yang menghasilkan rekomendasi terkait isu-isu terkini.

Acara ini dihadiri lebih dari 1.000 santri dan penghapal Al-Qur’an, serta diramaikan dengan kegiatan dakwah Al-Qur’an, pembinaan qurra’ dan huffadz, bazar, ziarah dan tahlil akbar, serta pengajian umum. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat dakwah Al-Qur’an dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.