8 Langkah Memasang Lantai Kamar Mandi Anti Rembes

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Juli 2024 - 13:58 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Lantai keramik kamar mandi memerlukan pemasangan yang baik. Sebagai area basah, kamar mandi rawan mengalami rembes dan bocor. Hal ini bisa diantisipasi dengan langkah dan cara pemasangan yang tepat.

Berniat memasang lantai kamar mandi? Berikut kami rangkum beberapa langkah penting agar lantai terpasang maksimal dan tentunya meminimalisir kerusakan. Mari simak dan terapkan pada rumah Anda!

Langkah Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi Anti Rembes!

Keramik rembes dan bocor merupakan permasalahan yang sering terjadi. Kondisi ini tentu sangat merepotkan dan dapat merusak bagian lain seperti dinding.

Oleh karena itu, beberapa langkah berikut bisa Anda jadikan acuan untuk memiliki lantai kamar mandi anti bocor.

● Membersihkan Lantai Sebelum Pemasangan

Sebelum melakukan pemasangan keramik, permukaan lantai haruslah dibersihkan. Berbagai sisa material dan permukaan yang tidak rata dapat menghambat proses pemasangan.

Langkah pertama ini sangat penting agar pemasangan dapat berjalan dengan baik. Jika lantai telah bersih dan steril, maka lapisan anti bocor dapat melekat dengan baik. Dengan begitu, risiko rembes pun dapat diminimalisir.

● Pilih Tipe Keramik yang Sesuai

Keramik kamar mandi kian berkembang. Namun, kita perlu memilih material yang sesuai dengan keamanan dan kebutuhan. Pada area kamar mandi, keramik bertekstur kasar adalah pilihan yang tepat. Hal ini penting untuk kenyamanan dan keamanan pengguna.

● Perhatikan Sambungan Pipa

Sebelum pemasangan, kita dapat memeriksa sambungan pipa air. Instalasi ini pada umumnya disembunyikan di dalam tanah dan dinding rumah guna tampilan yang lebih rapi. Namun, pipa yang mengalami kerusakan juga menjadi penyebab lantai rembes.

Oleh karena itu, pemeriksaan secara teliti sambungan pipa air sebelum pemasangan keramik kamar mandi merupakan langkah efektif yang cerdas dan tepat untuk menghemat tenaga, waktu, serta biaya perbaikan yang tidak terduga di kemudian hari.

● Sesuaikan dengan Dinding Kamar Mandi

Pemilihan keramik dinding juga perlu disesuaikan. Berbeda dengan lantai yang cenderung bertekstur, keramik dinding haruslah licin sehingga air dapat meluncur dan tidak membasahi dinding dalam waktu yang lama.

Keramik dinding dengan permukaan licin dapat meminimalisir risiko rembes dalam jangka panjang.

● Pilih Jasa Profesional

Jasa profesional untuk pemasangan keramik kamar mandi disarankan untuk mencegah risiko kebocoran. Tukang yang profesional tentu memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk melakukan pemasangan dengan benar.

Mereka pun dapat menyesuaikan teknik pemasangan sesuai kondisi kamar mandi Anda. Selain itu, jasa profesional tentu menyediakan peralatan yang memadai ketika pemasangan berlangsung.

● Menggunakan Produk Tile Adhesive yang Tepat

Produk perekat yang tepat menjadi hal krusial untuk kamar mandi. Hal ini mengingat area kamar mandi merupakan area basah sehingga keramik harus terpasang dengan baik.

Tile adhesive yang dipilih haruslah tahan terhadap kelembapan sehingga keramik kamar mandi tidak rembes dan lepas dari lantai. Dengan memilih produk yang sesuai, kamar mandi Anda pun lebih tahan lama, aman, dan kuat.

● Tes Kebocoran

Setelah proses pemasangan selesai, Anda dapat melakukan tes kebocoran. Langkah ini dapat dilakukan dengan menutup semua lubang saluran kamar mandi. Selanjutnya, Anda dapat mengisi air pada kamar mandi setinggi beberapa sentimeter.

Setelah itu, pengamatan dapat dilakukan. Pastika tidak ada tanda-tanda air mengalir keluar dari area keramik. Anda bisa melakukan langkah ini selama beberapa jam untuk hasil tes kebocoran yang baik.

● Lakukan Pemeliharaan Keramik

Pemeliharaan lantai kamar mandi dapat dilakukan dengan pembersihan rutin. Anda juga perlu mencuci keramik dengan produk yang aman dan tidak menimbulkan abrasi.

Pembersihan kerak dan noda juga penting agar tampilan tetap terjaga. Selanjutnya, pastikan grout keramik memiliki kondisi yang baik. Anda dapat melakukan aplikasi ulang jika area ini berubah warna dan kotor.

Kesimpulan

Ada banyak langkah penting untuk melakukan pemasangan keramik yang baik pada kamar mandi. Dengan langkah yang tepat, Anda bisa memiliki lantai kuat, awet, dan tentunya tahan rembes. Pastikan juga pemeliharaan berjalan dengan rutin agar lantai terjaga.

Pemasangan keramik kamar mandi dapat didukung dengan produk Sika. Adapun rekomendasi yang bisa diandalkan yaitu SikaCeram®-180 GA TileFix.

Keunggulan produk ini yaitu daya lekat yang baik, cocok untuk keramik, mozaik, dan berbagai material lainnya. Pengaplikasian produk dapat diterapkan pada area basah tidak terendam seperti lantai kamar mandi. Tidak hanya itu, penggunaan mudah hanya dengan menambahkan air.

Tidak perlu ragu untuk menggunakan produk ini, karena Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia dan telah berdiri selama 113 tahun. Tidak hanya itu, Sika telah menangani banyak project global. Salah satunya adalah renovasi lantai keramik PLTA Eglisau-Glattfelden di Swiss.

Jadi, tunggu apalagi? Mari pilih produk tile adhesive dari Sika untuk miliki lantai keramik kuat dan berkualitas! Ayo ketahui selengkapnya dan pilih produk tile adhesive sesuai kebutuhan Anda di idn.sika.com!