Coway Kembali Berikan Jaminan Air Minum Murni dan Halal

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 04 Juli 2024 - 22:40 WIB

INDUSTRY co.id - Jakarta - Coway mengumumkan kembali keberhasilannya dalam mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Hal ini diungkapkan dalam media gathering bertajuk  “Change Your Water, Change Your Life” yang digelar di Jakarta, 4 Juli 2024.

Sertifikasi halal tersebut diperuntukkan bagi lima varian water purifier Coway yang tersedia di Indonesia. Yaitu Cinnamon (P-6320R), Core (CHP-671R), Ombak (CHP-7310R), Neo Plus (CHP-264L), dan Villaem II (CHP-18AR).

Kelima produk itu telah tersertifikasi halal yang terdaftar di BPJPH dengan nomor ID00410016391850324 bertanggal 28 Maret 2024. Yang merupakan bukti komitmen Coway dalam menyediakan air minum yang tidak hanya berkualitas tinggi melalui sistem filtrasi canggih, tetapi juga memenuhi kriteria kehalalan. 

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), yang memastikan produk termasuk dalam kategori makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, dan peralatan rumah tangga yang digunakan secara langsung oleh konsumen.

Dengan dirilisnya sertifikat ini, water purifier Coway yang terdiri dari berbagai komponen telah terjamin kehalalannya, termasuk komponen pipa hingga sistem penyaringan yang dilewati air yang akan dikonsumsi. 

Coway memilih Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) LPPOM untuk melakukan pemeriksaan kehalalan produk Coway. Pemeriksaan dilakukan mulai dari bahan baku sampai dengan fasilitas produksi pemurni air Coway.

 

"Selain itu, perusahaan juga diminta untuk membentuk sebuah tim manajemen halal, yang bertugas untuk mengontrol secara mandiri implementasi kriteria Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) yang menjadi prasyarat sertifikasi halal," beber Dr. Ir. Muslich, M.Si, Halal Partnership and Audit Services Director LPPOM.

Rangkaian sertifikasi halal dari perusahaan pemurni air dan pemurni udara asal Korea Selatan ini dilanjut dengan kegiatan CSR yang menyasar beberapa masjid sepanjang tahun ini. Per Juli 2024, Coway telah mendonasikan produk water purifier dan air purifier ke tujuh masjid di JABODETABEK dan berencana untuk menargetkan lebih banyak masjid. 

Inisiatif ini merupakan langkah awal Coway untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk water purifier, khususnya di kalangan masyarakat Muslim, sekaligus untuk menyediakan akses air minum murni dan berkualitas. 

Penggunaan water purifier juga dapat menekan penggunaan botol kemasan plastik sekali pakai, sehingga lebih ramah lingkungan, sejalan dengan visi Coway sebagai perusahaan yang selaras dengan alam.

Dalam media gathering ini, Coway juga menghadirkan diskusi menarik terkait kemurnian air yang dikulik dari berbagai macam sudut pandang. Jane Oibanitehenia Gulo, Coway Water Quality Laboratory Manager dalam perbincangannya bersama dengan Halal Influencer, Esha Mahendra dan Seniman, Mangmoel. 

Jane memaparkan tantangan yang dihadapi Coway dalam memastikan keamanan air minum yang bersumber dari air tanah maupun air perpipaan. Pembicaraan ini pun menyorot Isu mikroplastik pada air minum.