Jotun dan Kementerian PUPR Kumpulkan Ratusan Desain Rusun Perkotaan

Oleh : Nina Karlita | Senin, 17 Juni 2024 - 22:02 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan cat dan pelapis Jotun, sukses menggelar Sayembara Desain Purwa Rupa Rumah Susun Berkepadatan Tinggi.

Bekerja sama dengan Direktorat Perencanaan Teknis Rumah Susun, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sayembara ini berhasil menjaring 757 pendaftar dan mengumpulkan 290 desain rusun karya anak bangsa. 

Sepuluh desain terbaik dan tiga pemenang diumumkan pada malam penghargaan yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (7/6).

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, arsitek perlu untuk mempertimbangkan bahwa desain tidak hanya berorientasi pada standar pembangunan umum, tetapi juga memperhatikan banyak perubahan.

"Terutama perilaku Gen Z yang mungkin memiliki kebutuhan ruang dan suasana yang berbeda serta kemudahan-kemudahan ain. Di aspek perencanaan, kita sudah mulai sederhanakan dengan menggunakan desain purwa rupa ini, yang tidak menutup kemungkinan memberikan peluang bagi kreativitas desain,” beber Iwan.

Hunian vertikal menjadi alternatif solusi untuk mengatasi krisis perumahan akibat terbatasnya lahan di kota besar yang padat penduduk. Dalam rangka mendukung program pengembangan perumahan dan memenuhi kebutuhan perumahan di kawasan perkotaaan, Jotun menjalin kerjasama dengan Kementerian PUPR.

Kerja sama itu dengan menginisiasi sayembara desain rumah susun 6 lantai yang mengedepankan aspek efisiensi dan efektivitas pemanfaatan ruang dan tanah, serta keterhubungan bangunan dengan interaksi sosial dan sistem transportasi.

Dibuka sejak 15 Januari hingga 31 Maret 2024, sayembara ini telah mengumpulkan 290 karya desain dari para peserta di seluruh Indonesia. 

Akhirnya, tiga desain terbaik diumumkan sebagai pemenang sayembara. Total hadiah senilai Rp 164.000.000 diberikan kepada para pemenang. 

Ketiga desaint terbaik itu adalah karya berjudul "Jiwana Alaya" sebagai juara pertama; "Bumi Harsana Sulaksana" sebagai juara kedua; dan "Obayaa" sebagai juara ketiga.

"Melalui sayembara ini, kita telah menemukan banyak ide brilian yang dapat diwujudkan untuk meningkatkan kualitas hunian vertikal di Indonesia. Kami berharap karya-karya mereka dapat menjadi inspirasi serta diterapkan dalam proyek pembangunan rumah susun di masa mendatang,” kata General Sales Director Decorative Project PT Jotun Indonesia, Juwita.

Kedepannya, konsep dan karya yang masuk akan dijadikan bahan penelitian dan pengkajian untuk pengembangan rumah susun di Indonesia oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR melalui Direktorat Rumah Susun. 

Rencana ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hunian vertikal di perkotaan dan mendukung program pemerintah dalam menyediakan rumah layak bagi masyarakat.