Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, P&G Indonesia Hadirkan ANJANI

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 12 Juni 2024 - 23:44 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah sukses terlaksana selama tiga tahun berturut-turut, ANJANI (Gerakan Maju Perempuan Indonesia) kembali hadir di edisi ke-4 dengan tema "Future-proof Womenpreneur". 

Berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Juni, ANJANI hadir sebagai bentuk konsistensi P&G Indonesia dalam mendukung pemberdayaan perempuan dengan meningkatkan keterampilan para pelaku usaha perempuan untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas.      

ANJANI yang juga dikenal sebagai Women Entrepreneur Academy di negara-negara di mana P&G beroperasi. Menjadi tempat bagi perempuan pelaku usaha untuk membantu menghilangkan batasan-batasan usaha dan mengisi kapasitas atau kemampuan yang mereka butuhkan.

Pada kesempatan yang sama, P&G juga menegaskan kembali komitmennya terhadap Keragaman Pemasok (Supplier Diversity) dalam menciptakan peluang bisnis lebih luas bagi pelaku usaha perempuan dalam ekosistem bisnis.

Para pelaku usaha perempuan masih menghadapi tantangan untuk berkelanjutan secara finansial dalam mengembangkan bisnis mereka. Dimana salah satu hambatan utamanya adalah karena terbatasnya akses dan koneksi terhadap rantai pasokan yang lebih besar.

P&G mengidentifikasi peluang untuk berkontribusi mengatasi tantangan tersebut melalui peningkatan kapabilitas bisnis pelaku usaha perempuan, dan melalui inisiatif Keragaman Pemasok. 

Bagi P&G, Keragaman Pemasok telah menjadi strategi bisnis selama lebih dari 40 tahun, dimana P&G berkomitmen untuk mendukung bisnis yang dipimpin dan dimiliki perempuan dengan mulai secara aktif melibatkan mereka ke dalam rantai pasokan P&G.

Bagi P&G, Kesetaraan dan Inklusi adalah bagian fundamental dari identitas, dengan meyakini bahwa akses dan kesempatan yang sama tersedia bagi semua orang, untuk dapat berkembang dan sukses, khususnya di tengah masyarakat dimana bisnis kami beroperasi. 

"ANJANI merupakan wujud nyata dari konsistensi kami dalam bergerak dan tumbuh bersama para pelaku usaha perempuan Indonesia, serta membekali mereka dengan keterampilan dan akses yang mereka butuhkan untuk terhubung dengan rantai pasokan yang lebih besar," beber Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur P&G Indonesia.

Tidak hanya lewat ANJANI, P&G Indonesia terus mengembangkan basis Keragaman Pemasoknya dengan mulai secara aktif melibatkan lebih banyak bisnis yang dimiliki oleh perempuan ke dalam rantai pasokan. 

"Inilah salah satu cara konkret kami dalam mewujudkan misi P&G sebagai Force for Growth and Force for Good,” kata Saranathan.

P&G berkomitmen untuk terus memberdayakan perempuan melalui program ANJANI, guna memfasilitasi akses yang lebih besar bagi pelaku usaha perempuan untuk berkontribusi dalam upaya Keragaman Pemasok.