Jahja B Soenarjo Optmistis 2024 Pengusaha Fokus Pengembangan Bisnis

Oleh : Gabriel C Bobyy | Selasa, 16 Januari 2024 - 13:33 WIB

INDUSTRY.co.id - Ketua Umum CEO Business Forum Indonesia yang juga anggota Komite Perdagangan Luar Negeri DPN APINDO Jahja B Soenarjo memberikan apresiasi kepada pengusaha yang melakukan ekspor ke luar negeri sehingga bisa menjadi contoh yang pantas diikuti para pelaku usaha lain agar tetap fokus kepada pengembangan usaha secara proaktif dan agresif, di tengah situasi politik yang sedang menghangat. 

“Tetaplah mendukung ekspor agar kita tetap surplus, apalagi bagi pengusaha keberlangsungan keuntungan adalah hal prioritas. Yang penting harus cuan.” pungkasnya.

Menurutnya, di tengah hiruk pikuk kontestasi politik tahun 2024, pengusaha umumnya sudah cukup terbiasa dan tidak banyak terganggu siapapun presiden yang akan terpilih. 

"Mereka secara cerdas dan bijak tetap senyap dalam derap bisnis tanpa muncul sebagai pendukung capres tertentu serta ikut melakukan deklarasi," katanya ketika dihubungi, Selasa (16/1/2024).

Jahja menjelaskan bahwa mereka fokus kepada pengembangan bisnis dan pasar, membangun kolaborasi dan sinergi untuk keberlangsungan pertumbuhan bisnis. 

Bahkan, lanjutnya, pemain dari luarpun kian giat membidik pasar Indonesia melalui berbagai pameran. Jadi, menurutnya, mengapa tidak sebaliknya kita juga menggarap pasar luar?

Adapun Jahja memberikan apresiasi untuk PT Wahana Kosmetika Indonesia yang belum lama ini melakukan ekspor ke pasar luar negeri.

Berdiri sebagai industri kecil di 2002 silam, Azarine di tangan perempuan lembut berhati baja Yuni Sasterakusuma secara perlahan tapi pasti memantapkan eksistensinya sebagai perusahaan berskala nasional mengibarkan merek Azarine di bawah PT Wahana Kosmetika Indonesia, didukung sang suami sebagai pengusaha bidang properti dan juga Rumah Sakit Royal Surabaya.

Kemajuan yang pesat perusahaan ini dengan ratusan jenis produk dalam berbagai kategori perawatan rambut, kulit dan tubuh, melayani berbagai segmen masyarakat Indonesia dengan produk yang dikembangkan secara seksama, banyak mengedepankan pemanfaatan bahan alami yang tentunya lebih aman bagi manusia.  

Estafet kepemimpinan perusahaan ini kini beralih kepada sang putra, Brian Tjahjanto, yang menyelesaikan pendidikannya di Australia dan bergabung untuk membawa perusahaan memasuki fase percepatan pertumbuhan dengan pengembangan produk-produk yang berorientasi pasar. 

Di tangan sang putera yang sempat tampil sebagai pembicara di Korea Selatan, seramgkaian aktivitas komunikasi pemasaran untuk membangun citra merek sangat gencar dilakukan, merekrut sejumlah Brand Ambassador ternama, termasuk Lee Min Ho, artis Korea Selatan.

Belum lama ini kontrak sengan salah satu importir distributor produk Indonesia direalisasikan dengan meluncurkan ekspor perdana dengan nilai yang cukup besar, dan penyebarannya akan didukung puluhan marketing-frontliner di negeri jiran tersebut. 

Pemberangkatan kontainer secara resmi dilakukan oleh Didi Sumedi, Dijen PEN Kementerian Perdagangan RI, didamping Bupati Sidoarjo, Atase Perdagangan RI di Kuala Lumpur serta sejumlah pejabat lainnya.