Keren, Terkait Golden Visa! Ditjen Imigrasi-Bank Mandiri Tandatangani Kerja Sama Optimalisasi Layanan Perbankan

Oleh : Kormensius Barus | Rabu, 06 Desember 2023 - 04:10 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama Bank Mandiri, menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Optimalisasi Layanan Para Pihak dalam Bidang Keimigrasian dan Bidang Perbankan di Jakarta, Selasa (5/12/2023). Hal itu sebagai langkah optimalisasi layanan digital keimigrasian dan perbankan, khususnya terkait Golden Visa.

Sekadar informasi, penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

“Ini penandatanganan kerja sama antara Bank Mandiri dan Direktorat Jenderal Imigrasi dalam hal dukungan layanan digitalisasi keimigrasian dan perbankan. Ini diawali dengan arahan Bapak Presiden terkait dengan Golden Visa,” kata Silmy kepada wartawan di lokasi acara.

Menurut Silmy, kerja sama tersebut merupakan bagian dari persiapan infrastruktur sebelum Golden Visa diluncurkan secara resmi pada Februari 2024. Kerja sama ini akan memudahkan para calon pemohon Golden Visa yang berada di luar negeri.

“Karena Golden Visa sudah terbit aturannya, kita menyiapkan infrastrukturnya agar pelayanan kepada pemohon itu menjadi lebih mudah kalau pakai digital. Apalagi itu berada di luar negeri kan si WNA-nya (warga negara asing),” ujarnya.

Dia menjelaskan pemilihan Bank Mandiri sebagai mitra dalam proyek percontohan ini adalah karena platform bernama Livin’ by Mandiri dapat diakses di 121 negara, termasuk Indonesia.

Selain itu kata Silmy, Bank Mandiri sebagai badan usaha milik negara (BUMN) juga merupakan perpanjang tangan dari pemerintah untuk pembangunan negara.

Menurut dia, kerja sama ini akan memudahkan calon pemohon Golden Visa untuk menyimpan sejumlah dana di bank yang ada di Indonesia, sebagaimana salah satu syarat untuk mengajukan visa tersebut. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi negara ikut terbantu.

“Kenapa Livin’ ini penting? Karena si pemohon yang pemegang Golden Visa bisa juga menginvestasikan dananya di obligasi pemerintah, di saham perusahaan terbuka di Indonesia atau ya didepositokan di Bank Mandiri, di Livin’ itu,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyampaikan berterima kasih dan mengapresiasi kesempatan kerja sama yang diberikan DItjen Imigrasi Kemenkumham.

Kendati layanan Livin’ by Mandiri sudah bisa diakses di berbagai negara, Darmawan menegaskan Bank Mandiri berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan.

“Kita akan menyediakan solusi untuk para applicant (pemohon) dari Golden Visa ini bisa dilayani sebaik-baiknya. Kita menyediakan sementara ini platformnya Livin’ yang juga nanti bisa dimultifungsikan untuk mendukung semua aktivitas dari para applicant dari Golden Visa tersebut, untuk berkegiatan di Indonesia maupun di luar Indonesia apabila menggunakan transaksi rupiah,” katanya.