Wirawan Panoedjoe Dorong Generasi Muda Terlibat Dalam Penguatan UMKM

Oleh : Wiyanto | Selasa, 05 Desember 2023 - 15:01 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Peran generasi muda dinilai sangat signifikan dalam mendorong penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Paduan kreatifitas, inovasi, serta dukungan teknologi di kekinian akan menjadi stimulus untuk mendorong UMKM masuk level global.

"Keterlibatan kaum muda dalam pengembangan UMKM diyakini akan mampu mendorong percepatan ditengah kemajuan zaman dan teknologi," kata Wirawan Panoedjoe Soebagyo, Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang mengajak kalangan pemuda untuk menekuni sektor UMKM. "Kebijakan itu sudah tepat dan pasti kita dukung," ujar calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Bogor nomor urut 6 dari Partai Golkar, daerah pemilihan Bogor Selatan ini.

Dikatakannya, ketangguhan UMKM telah teruji melewati badai krisis, saat Indonesia diterpa krisis ekonomi, 1998 silam. Saat banyak perusahaan-perusahaan raksasa kolaps, justru UMKM tetap kokoh berdiri.

Karenanya, sangat penting bila pemberdayaan UMKM menjadi perhatian besar pemimpin bangsa kedepan.

Sebelumnya, dengan gamblang, Muhadjir mengajak anak-anak muda menjadi pelaku-pelaku ekonomi dalam meningkatkan kualitas hidup serta memiliki masa depan yang cerah melalui UMKM.

"Saya sangat mendukung bagaimana pemuda menjadi kekuatan-kekuatan yang membawa bangsa menjadi lebih maju. Karena bagi saya, para pemuda harus menjadi pelaku ekonomi nasional," seru Muhadjir.

Wirawan mengatakan, dengan segala kreatifitas dan inovasi yang dimiliki para anak muda, ditambah dukungan teknologi, UMKM di Indonesia tidak saja berkembang, tapi juga bisa melesat hingga ke level global.

Dikatakannya, pengembangan UMKM harus dibarengi dengan peningkatan kualitas, baik barang maupun jasa, serta penetrasi pasar yang lebih luas lagi. "Kalau UMKM semakin banyak, maka penyerapan tenaga kerja akan semakin besar. Itu artinya, angka pengangguran bisa ditekan. Selain itu, banyaknya UMKM akan mendorong peningkatan perekonomian, baik mikro maupun makro," tukas Wirawan.

Dia menegaskan, kedepan pemerintah harus lebih memberikan perhatian kepada para UMKM. Tidak saja dari sisi pengelolaan manajerial, permodalan, peningkatan kualitas, target pasar yang lebih luas, hingga adopsi teknologi sebagai pendukung, dan lainnya.

Wirawan yakin, bila UMKM mendapat perhatian lebih, maka perekonomian negara akan semakin kuat. "UMKM yang kuat akan sanggup menopang perekonomian bangsa," pungkasnya.