Tiga Kunci untuk MSP yang Menguntungkan

Oleh : Oleh. YiLun Miao, Managing Director – APJ, CloudBlue | Senin, 25 September 2023 - 14:27 WIB

INDUSTRY.co.id, Seiring dengan pesatnya transformasi digital di Asia, organisasi dalam segala bentuk dan ukuran mengubah cara mereka mengelola layanan teknolog informasi (TI). Mereka telah meninggalkan model infrastruktur dan solusi lokal yang berbiaya tinggi, beralih ke model bayar sesuai pemakaian, berlangganan, atau model everything-as-a-service (XaaS).

Pelanggan bisnis kini menggunakan layanan sesuai permintaan, sehingga mereka beralih ke penyedia layanan terkelola atau managed service providers (MSP) untuk melengkapi mereka dengan infrastruktur TI yang terstruktur dengan baik dan terlindungi. Dengan banyaknya permintaan akan layanan seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan keamanan siber, MSP memposisikan diri untuk menawarkan dan memelihara solusi berbasis digital dan menjadi salah satu kekuatan pendorong transformasi digital.

Dengan melakukan outsourcing layanan seperti jaringan, infrastruktur, dan keamanan, perusahaan dapat menurunkan biaya internal dan tetap gesit. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika permintaan MSP meningkat sebesar 30 persen di APAC selama setahun terakhir. Namun peningkatan permintaan juga dapat menciptakan persaingan karena pendatang baru berupaya memanfaatkan tren ini. Artikel ini akan fokus pada tiga cara MPS dapat terus tumbuh dan memperoleh keunggulan kompetitif.

Prioritaskan Retensi

Menemukan pelanggan dan mempertahankan mereka adalah sebuah proposisi yang mahal. Menjaga kepuasan pelanggan Anda saat ini dalam jangka panjang sangatlah penting. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan retensi pelanggan sebesar 10 persen dapat meningkatkan nilai bisnis lebih dari 30 persen.

MSP dapat memanfaatkan ikatan pelanggan yang mendalam untuk mengidentifikasi tantangan dan secara proaktif menyelesaikannya agar klien dapat menjadi penasihat tepercaya dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini tidak hanya memberikan peluang untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi churn, tetapi pelanggan yang puas kemungkinan besar akan memberi Anda ulasan positif untuk membantu memenangkan klien baru.

Idealnya MSP harus mengotomatiskan proses orientasi agar terdokumentasi dengan baik, efisien, dapat diulang, dan terukur. Mereka juga harus merancang perjalanan pelanggan sehingga pelanggan baru dapat merasakan manfaatnya sesegera mungkin. Komunikasi dengan pelanggan adalah bagian penting dari pengalaman dengan memberi tahu mereka tentang layanan atau peluang baru yang tersedia.

Layanan bundel

Penting bagi MSP untuk terus mengubah penawaran produk mereka. Pelanggan bisnis ingin menggunakan teknologi dengan lebih mudah melalui one-stop shop – vendor tunggal untuk sebagian besar, jika tidak semua, kebutuhan bisnis mereka, karena TI bukanlah bisnis inti mereka.

Dalam perekonomian yang tidak menentu ini, pelanggan bisnis ingin membayar bulanan, dibandingkan melakukan investasi besar satu kali di muka. MSP perlu menawarkan berbagai paket layanan unik seperti perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), keamanan siber sebagai layanan, penyimpanan data, dan dukungan perangkat seluler. Layanan TI ini dapat ditagih berdasarkan langganan dan memberikan cara untuk meningkatkan aliran pendapatan berulang.

MSP dapat berkembang dengan bermitra dengan penyedia platform cloud yang mengelola langganan dan penagihan, informasi vendor dan produk, serta orientasi vendor di berbagai saluran. Sebuah platform juga memungkinkan perusahaan untuk menciptakan ekosistem digitalnya sendiri yang dapat menyederhanakan koneksi antar mitra melalui satu titik terpusat. Tidak ada satu pun pemangku kepentingan yang perlu memiliki atau mengoperasikan seluruh komponen sistem, yang berarti jaringan mitra ini, mulai dari vendor dan distributor hingga pengecer, menawarkan nilai gabungan. Pasar digital B2B mendorong pelanggan untuk memanfaatkan peluang untuk melakukan cross-sell dan upsell.

Kesalahan umum yang dilakukan perusahaan adalah mencoba melakukannya sendiri. Membangun sistem antarmuka program aplikasi (API) untuk pasar dan mengelolanya bisa menjadi proses yang melelahkan. Perluas jangkauan lebih cepat melalui ekosistem digital yang memungkinkan untuk menetapkan satu set API untuk produk ke dalam katalog yang dapat didistribusikan secara global. Membangun melalui ekosistem lebih murah, tidak memakan waktu lama, dan membantu bisnis berkembang lebih cepat.

Memberikan lebih banyak layanan akan meningkatkan loyalitas pelanggan karena Anda tidak perlu repot mencari produk dan layanan di tempat lain. Solusi berbasis cloud juga memperluas jangkauan pelanggan potensial. Selain itu, sebuah platform memungkinkan MSP untuk menyederhanakan seluruh aktivitas pengadaan, pemenuhan, dan penagihan – semuanya di satu tempat.

Memberikan kepatuhan sebagai layanan

Peraturan kepatuhan mungkin sulit dikelola saat berpindah ke cloud atau melakukan perubahan. Masalah terkait kepatuhan dapat diabaikan dan membuka potensi ancaman keamanan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan keamanan dan kepatuhan, MSP dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan solusi komprehensif untuk menjaga kepatuhan dan menjaga cloud tetap berjalan secara efisien. Selain itu, UKM di bidang layanan terkelola dapat bersaing dengan perusahaan besar dengan menciptakan ceruk pasar, seperti memasukkan kepatuhan sebagai layanan. Hal ini sangat berguna bagi organisasi yang ingin mematuhi tantangan legislatif internasional yang kompleks seperti kepatuhan PCI (payment card industry / industri kartu pembayaran) atau (General Data Protection Regulation / Peraturan Perlindungan Data Umum) GDPR.

Untuk memberikan layanan keamanan yang efektif, Anda memerlukan visibilitas di seluruh organisasi Anda, bukannya membiarkan tanggung jawab kepatuhan terputus atau terisolasi. Penyedia platform cloud dengan otomatisasi menyeluruh dapat membantu untuk mengisi kesenjangan – dengan tampilan terpadu dan integrasi data untuk meningkatkan visibilitas dan alur kerja.

Mesin yang menggerakkan MSP

Otomatisasi adalah inti kesuksesan MSP. Dengan proses otomatis seperti penyediaan dan penagihan, pelanggan akhir dapat menggunakan teknologi dengan lebih mudah dan berdasarkan layanan mandiri. MSP bisa mendapatkan keuntungan dari platform otomatisasi dengan templat yang telah diprogram sebelumnya yang memungkinkan operasi pengadaan dan pemenuhan. Hal ini memungkinkan pengalaman berbelanja “sekali klik” dengan vendor dan menciptakan peluang penjualan silang dan bundling yang besar. Tidak peduli seberapa besar Anda sebagai seorang MSP, penggandaan otomatisasi dapat membantu berkembang di dunia yang mengutamakan digital.