Evalube Fokus ke Pasar Ritel Otomotif Khususnya Sepeda Motor

Oleh : Ridwan | Sabtu, 17 Desember 2016 - 08:23 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pasar pelumas di Indonesia memang sangat menggiurkan, Hal itu terlihat dari banyaknya pemain yang berkompetisi. Bicara soal pelumas, harus merujuk pada pasar kendaraan karena pelumas merupakan produk pendukung kendaraan.

Pasar kendaraan di Indonesia sangat besar, tercatat ada 80 juta unit untuk roda dua dan 15 juta unit untuk roda empat. Tak heran jika produsen pelumas lokal terbesar di Indonesia ini ikut ambil bagian dari besarnya pasar terbesut.

PT Wiraswasta Gemilang yang memproduksi oli Evalube melalui Ivan Rastianto selaku Marketing Manager Commercial Division mengatakan " di tengah kompetisi yang ketat, Evalube terus mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan yang di miliki".

Evalube sendiri saat ini masuk 2 kategori pasar, ritel otomotif dan komersial industri. Dari dua pasar tersebut Evalube lebih memfokuskan diri ke pasar ritel otomotif khususnya sepeda motor. Tak heran jika penjualan oli Evalube saat ini 70% berasal dari sepeda motor.

Ivan sadar betul jika persaingan di luar sana sangat ketat. Oleh karena itu, ragam cara terus dilakukan agar minimal dapat mempertahankan market share yang sudah diraih. “Saat ini kami masuk daftar 10 besar atau berhasil meraih market share 10%,” ujar Ivan bangga.

Kelebihan Evalube dibanding merek lain di antaranya adalah merek lokal. Pabrik Evalube ada di Indonesia (Cibitung). Karena semua diproduksi di dalam negeri, harga yang ditawarkan  lebih kompetitif. Dari sisi kualitas pun Evalube sudah tersertifikasi ISO 9001 dan SNI.

Lebih lanjut Ivan mengatakan, ketika konsumen bertemu dengan semua produk oli di pasar, mereka akan melihat semua merek menawarkan hal yang sama. Tapi kalau bicara spesifikasi, kelebihan Evalube adalah dari hasil uji adalah mampu membuat bahan bakar efisien. Kelebihan tersebut terus dikomunikasikan lewat campaign “Evalube Solusi Irit Bensin”.

“Kami melalukan uji produk dengan melakukan perjalanan hingga 6000km. Dan hasilnya, bahan bakar yang dikeluarkan lebih irit. Kita sudah temukan hasilnya dan kita komunikasikan ke masyarakat,” kata Ivan bangga.

Tahun depan Evalube akan konsisten mengomunikasikan kelebihan-kelebihan yang sekarang gencar dikomunikasikan, yaitu solusi irit bensin ke masyarakat lewat TV, radio, cetak dan online, toko/bengkel dan komunitas.

“Intinya kami akan melakukan banyak kegiatan yang menjangkau konsumen langsung tahun depan,” tegas Ivan