Indonesia Pasar Strategis, DHL Express Indonesia Bangun Fasilitas Hijau
INDUSTRY.co.id,Jakarta-Sebagai penyedia layanan ekspres internasional, DHL Experss membuka Service Center baru di Kawasan Industri Cikarang, yang merupakan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Service Center seluas 2.900 meter ini, merupakan fasilitas hemat energi (fasilitas hijau) yang pertama dari empat fasilitas hijau DHL di Indonesia. Untuk fasilitas baru ini, DHL telah menyuntikkan modal senilai 3,4 juta EUR (sekitar Rp59 miliar). Secara keseluruhan, DHL Express telah menyiapkan anggaran sebesar 25 juta EUR untuk dua tahun ke depan.
Fasilitas tersebut menurut Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia, merupakan yang pertama dari empat fasilitas hijau di Indonesia yang akan diresmikan dalam dua tahun ke depan.
“Indonesia adalah pasar strategis kami, dan investasi ini merupakan dukungan serta komitmen kami kepada negara. Sejalan dengan visi perusahaan, kami membangun fasilitas ini dengan solusi hemat energy,” tambah Ahmad.
Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia bersama Foo Yong Wei, VP APEC Service Quality DHL Express dan Poppy Ariani VP Commercial DHL Express Indonesia melakukan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Service Center Cikarang pada Rabu, 16 November 2022.
Pusat Layanan Baru Terintegrasi Dengan Minimal Emisi Karbon
Fasilitas seluas 2.900 meter persegi ini menaungi 17 armada pengiriman dan dalam waktu dekat akan menghasilkan 30 persen tenaga dari panel surya. Selain itu, drive-in dengan direct loading capability, motorized conveyor system, telescopic conveyor, automated weighing dan dimensioning equipment, notion sensor for office lamos, serta conveyor weight sensor.
Fitur-fitur berkelanjutan ini sejalan dengan komitmen logistik hijau DHL Express yakni dengan mulai mengunakan kendaraan pengiriman berbasis listrik pada sepeda motor dan van pada awal tahun 2021. Perusahaan juga berencana untuk mengonversi setengah dari armadanya ke armada listrik pada tahun 2024. Selain itu, DHL Express juga menggunakan energy surya untuk fasilitas Jakarta Distribution Centre.
Merayakan 50 tahun kehadirannya di Indonesia, DHL Express berkomitmen untuk mengembangkan operasi lokalnya. Perusahaan akan merekrut karyawan lokak untuk ditempatkan di pusat layanan sebagai tambahan atas 29 Certified International Specialist saat ini.
Pada tahun 2022, DHL Express telah mengembangkan tenaga kerja bertalenta sebesar 13,5 persen untuk memberikan solusi yang lebih inovatif kepada pelanggan.
DHL Express turut mendukung distribusi vaksin di Indonesia dengan membawa 40 juta dosis vaksin Covid-19 untuk membantu bangsa melawan pandemi.
DHL, Perusahaan Logistik Untuk Dunia
DHL adalah merek global terkemuka di industri logistik. DHL menawarkan layanan logistik mulai dari pengiriman paket nasional dan internasional, pengiriman e-commerce dan solusi pemenuhan, ekspres internasional, transportasi darat, udara, dan laut, hingga manajemen rantai pasokan industri. Dengan sekitar 380.000 karyawan di lebih dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia, DHL menghubungkan orang-orang dan bisnis dengan aman dan andal sekaligus untuk memungkinkan arus perdagangan global yang berkelanjutan. DHL turut membawa solusi khusus untuk pasar dan industri yang sedang berkembang termasuk teknologi, ilmu kehidupan dan perawatan kesehatan, teknik, manufaktur & energi, mobilitas otomatis dan ritel. DHL secara tegas diposisikan sebagai “Perusahaan logistik untuk dunia”.
DHL adalah bagian dari Deutsche Post DHL Group yang menghasilkan pendapatan lebih dari 81 miliar euro pada tahun 2021. Dengan praktik bisnis yang berkelanjutan dan komitmen terhadap masyarakat dan lingkungan, Deutsche Post DHL Group memberikan kontribusi positif kepada dunia dan bertujuan untuk mencapai logistik nol-emisi pada tahun 2050.